Hubungi Kami SMS whatsapp
Mengenal Kembali Tren Modifikasi Trail Untuk Harian - Isuzu Surabaya - Isuzu Surabaya
Isuzu Surabaya

Dealer Resmi Isuzu Surabaya

Menu

Mengenal Kembali Tren Modifikasi Trail Untuk Harian

Kamis, Januari 7th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Semakin hari, tren penggunaan sepeda motor bergaya supermoto melonjak tinggi. Pemilik dan komunitasnya di Indonesia mencapai ribuan, dan diyakini selalu berkembang. Inilah salah sesuatu dari ”cabang” aliran dari sepeda motor trail yg milik keistimewaan, yakni legal dipakai di jalanan.

Di Eropa, model ini dikenal dengan motard atau supermotard. Sementara di Jepang disebut Moto1. Balapan memakai sepeda motor trail model ini sangat populer, memakai ban dual purpose yg memungkinkan kompetisi dilangsungkan di atas aspal juga jalanan off-road.

Supermoto adalah bagian dari model trail yg terdiri dari Enduro, MX, Trial, dan Supermoto itu sendiri. Enduro biasa dipakai bagi petualangan murni off-road. Sementara MX digunakan bagi balapan motocross dengan mesin special engine.

Lalu ada model Trail, yg lebih ramping dan mampu dibilang ”cungkring”, biasa digunakan buat menaklukkan rintangan berbatu dan berbukit. Sedangkan yg terakhir adalah Supermoto, digunakan sebagai tunggangan jalanan.

Facebook CAOS Custombike Salah sesuatu supermoto modifikasi karya CAOS CUstombike.

Persebaran
Di Indonesia, Supermoto akan booming pada kisaran tahun 2005. Menurut Lerry Rahmat Rizky, pemilik bengkel supermoto CAOS Custombike di Jl Pancoran Barat 8 No 6c Jakarta, ketika itu supermoto dikenalkan komunitas Hyosung.

”Kira-kira ada 10 orang yg main modifikasi supermoto, termasuk saya. Indonesia masih kental dengan trail adventur atau enduro, dengan beberapa merek, yakni Bosowa RX dan Suzuki TS 125. Sekarang, supermoto di Indonesia semakin jadi tren,” ucap Lerry, (6/1/2015).

Semakin booming ketika Kawasaki akan launching tipe trail KLX150 pada 2009. Dari sini, menurut Lerry, modifikasi dari KLX standar ke supermoto semakin banyak peminat. Hingga akhirnya, PT Kawasaki Motor Indonesia menelurkan D-Tracker yg yaitu model supermoto.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Mengenal Kembali Tren Modifikasi Trail Untuk Harian

Rabu 16 Maret 2016 | Berita Otomotif

Stuttgart, KompasOtomotif – Rencana Mercedes-Benz buat milik pikap baru, hasil kerja sama Daimler AG dan Renault-Nissan tampaknya langsung terwujud. Informasi terbaru, pikap yg dikembangkan dari Nissan NP300…

Minggu 3 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta – Putaran kedua ajang balap Honda Jazz Speed Challenge (HJSC) 11 dan Honda Brio Speed Challenge (HBSC) 4 kembali digelar di Sirkuit Internasional Sentul,…

Rabu 27 Januari 2016 | Berita Otomotif

Nusa Dua  -Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tidak cuma menggarap pada motor-motor yg diproduksi lokal di Indonesia. Pabrikan berlogo garpu tala ini juga mulai meramaikan…