Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Mengenal Kembali Tren Modifikasi Trail Untuk Harian

Kamis, Januari 7th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Semakin hari, tren penggunaan sepeda motor bergaya supermoto melonjak tinggi. Pemilik dan komunitasnya di Indonesia mencapai ribuan, dan diyakini selalu berkembang. Inilah salah sesuatu dari ”cabang” aliran dari sepeda motor trail yg milik keistimewaan, yakni legal dipakai di jalanan.

Di Eropa, model ini dikenal dengan motard atau supermotard. Sementara di Jepang disebut Moto1. Balapan memakai sepeda motor trail model ini sangat populer, memakai ban dual purpose yg memungkinkan kompetisi dilangsungkan di atas aspal juga jalanan off-road.

Supermoto adalah bagian dari model trail yg terdiri dari Enduro, MX, Trial, dan Supermoto itu sendiri. Enduro biasa dipakai bagi petualangan murni off-road. Sementara MX digunakan bagi balapan motocross dengan mesin special engine.

Lalu ada model Trail, yg lebih ramping dan mampu dibilang ”cungkring”, biasa digunakan buat menaklukkan rintangan berbatu dan berbukit. Sedangkan yg terakhir adalah Supermoto, digunakan sebagai tunggangan jalanan.

Facebook CAOS Custombike Salah sesuatu supermoto modifikasi karya CAOS CUstombike.

Persebaran
Di Indonesia, Supermoto akan booming pada kisaran tahun 2005. Menurut Lerry Rahmat Rizky, pemilik bengkel supermoto CAOS Custombike di Jl Pancoran Barat 8 No 6c Jakarta, ketika itu supermoto dikenalkan komunitas Hyosung.

”Kira-kira ada 10 orang yg main modifikasi supermoto, termasuk saya. Indonesia masih kental dengan trail adventur atau enduro, dengan beberapa merek, yakni Bosowa RX dan Suzuki TS 125. Sekarang, supermoto di Indonesia semakin jadi tren,” ucap Lerry, (6/1/2015).

Semakin booming ketika Kawasaki akan launching tipe trail KLX150 pada 2009. Dari sini, menurut Lerry, modifikasi dari KLX standar ke supermoto semakin banyak peminat. Hingga akhirnya, PT Kawasaki Motor Indonesia menelurkan D-Tracker yg yaitu model supermoto.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Mengenal Kembali Tren Modifikasi Trail Untuk Harian

Minggu 1 November 2015 | Berita Otomotif

Tokyo, KompasOtomotif – Kehadiran mobil kecil (kei car) di kota besar seperti di Tokyo, Jepang, sangat dibutuhkan konsumen. Pasalnya, dengan lalu-lintas yg telah padat dan…

Senin 28 Desember 2015 | Berita Otomotif

Waterloo, KompasOtomotif – Setelah Apple menyatakan keinginannya terjun membangun mobil, kini Blackberry juga ingin mengikuti jejaknya. John Chen, CEO produsen perangkat mobile yang berasal Kanada…

Kamis 18 Februari 2016 | Berita Otomotif

Anak usaha PT Astra International Tbk di bisnis rental mobil, TRAC-Astra Rent a Car, memperluas layanan penyewaan mobil di bandara, dengan menggandeng Saphire Lounge. Jadi…