Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Mengenal Arti Huruf Dan Angka Pada Transmisi Otomatis

Sabtu, Maret 12th 2016.


Jakarta, KompasOtomotif –
Kendaraan dengan transmisi otomatis semakin diminati konsumen, khususnya yg tinggal di Ibu Kota. Namun, sebelum menggunakannya, pastikan mengenal arti dan kegunaan huruf serta angka pada mobil macam ini.

Pasalnya, ada dua peristiwa kecelakaan, seperti perkara mobil yg terjun dari atas gedung parkir atau tiba-tiba nyelonong di jalan dan menabrak kendaraan lain. Kejadian tersebut, salah satunya lantaran kelalaian pengemudi, yg belum paham mengenai mekanisme tuas transmisi pada mobil matik.

Apa sih fungsi dan kegunaan huruf dan angka yg ada pada sisi tongkat perseneling?

Mobil dengan transmisi otomatis dikendalikan dengan cuma menggerakkan tuas percepatan, ke posisi tertentu. Umumnya, posisi tuas disusun berdasarkan format P-R-N-D-3-2-L. Kemudian juga, mesin mobil matik cuma dapat dihidupkan saat tuas pada posisi P (parkir) ataupun N (netral) saja.

Di dalam modul Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas  diterbitkan Astra International dan Korlantas Polri, dianjurkan bagi memahami arti hurus dan angka, pada transmisi otomatis. Bukan cuma itu, setelah paham, pergunakan simbol tersebut sesuai fungsinya.

Berikut arti dan kegunaan huruf serta angka pada kendaraan bertransmisi otomatis.

  1. P atau Parkir, adalah posisi bagi kendaraan parkir, transmisi terkunci pada posisi ini, sehingga kendaraan tak dapat didorong. Dalam posisi ini juga yaitu awal menghidupkan mesin dan melepaskan kunci kontak.
  2. R atau Reverse, adalah posisi bagi memundurkan kendaraan.
  3. N atau Netral,  adalah posisi gir netral, hubungan mesin dengan roda dalam kondisi bebas.
  4. D atau Drive, adalah posisi buat berjalan maju pada keadaan normal.
  5. 2/S atau Second, adalah posisi bagi berjalan maju di medan pegunungan. Posisi ini ada di maksimum gigi ke-2 (engine break)
  6. 1/L atau Low adalah posisi maju pada gigi ke satu, cuma digunakan pada ketika berkendara di medan yg menanjak curam.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Mengenal Arti Huruf Dan Angka Pada Transmisi Otomatis

Selasa 29 Maret 2016 | Berita Otomotif

Stuttgart, KompasOtomotif — Sistem keyless entry memudahkan pemilik masuk ke dalam mobil sekaligus menyalakan mesin cuma dengan memencet tombol. Meski terkesan canggih, kelengkapan ini milik kelemahan,…

Senin 23 November 2015 | Berita Otomotif

 – Salah sesuatu bintang di EICMA (L’Esposizione Mondiale del Motociclismo) adalah motor-motor bergenre Scrambler. Sebagai produsen motor, BMW pun tidak ketinggalan dengan Scrambler yg kian…

Sabtu 14 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta – Beberapa bulan lalu, BMW Group Indonesia (BGI) resmi launching BMW Active Tourer pertama kali bagi Indonesia. BGI mengklaim, BMW 218i Active Tourer ini…