Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Mengapa Toyota Belum Jual Pikap Lagi Di Indonesia?

Kamis, Februari 18th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Selain Xenia-Avanza, Terios-Rush, dan Ayla-Agya, ada sesuatu lagi produk kolaborasi Daihatsu dan Toyota di Indonesia, merupakan Gran Max yg dijual dengan nama Toyota Town Ace (minivan) dan Lite Ace (pikap). Semua model itu diproduksi di Indonesia, tapi khusus Town Ace dan Lite Ace tak dijual di dalam negeri, kenapa?

Daihatsu sebagai bagian dari Toyota yg berperan sebagai spesialis mobil kompak setuju memproduksi Town Ace dan Lite Ace di Indonesia, tapi cuma bagi memenuhi pasar ekspor. Negara tujuan paling besar adalah Jepang, pengiriman unit perdana dimulai pada 2008 dan masih selalu berlanjut hingga sekarang.

Response Minivan Toyota Town Ace.

Sejak Gran Max akan diproduksi dan dijual pada 2007, Toyota Indonesia telah menyatakan keinginannya mau menjual Town Ace dan Lite Ace buat pasar domestik. Namun, hal itu urung terlaksana karena kapasitas produksi Gran Max di pabrik Daihatsu belum mencukupi.

“Sudah lama sejak Gran Max keluar, tapi kapasitasnya tak cukup. Kami kan jual sekarang 5.000-an pikap dan 1.000-an unit blind van. Ekspor ke Jepang dan dua daerah itu mampu sekitar 2.000 unit atas merek Toyota dan Daihatsu,” kata Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor, di Jakarta, Selasa (16/2/2016).

ADM Daihatsu Gran Max MB

Gran Max adalah model penopang penting penjualan ADM. Pada 2015, sebanyak 167.808 unit Daihatsu yg terjual, lebih dari 75.000 unit yaitu Gran Max (pikap dan minivan). Memantau pasar yg begitu besar, produksinya bakal membengkak signifikan bila ditambah Town Ace dan Lite Ace.

“Kapasitas kalian segitu, kalau Toyota jual, pasti kan banyak. Nanti kapasitas enggak cukup, akhirnya enggak tambah volume,” ucap Amel.

Toyota Astra Motor terakhir memasarkan pikap dengan Kijang Innova. Kembali masuk ke pasar pikap dapat jadi bakal tidak mengurangi angka penjualan TAM di Indonesia, tapi tampaknya belum terjadi dalam jangka waktu dekat.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Mengapa Toyota Belum Jual Pikap Lagi Di Indonesia?

Sabtu 2 April 2016 | Berita Otomotif

Tim drifting Kuja Motorsport resmi menyatakan keseriusannya mengikuti kalender event di tahun 2016. Secara resmi Kuja Motorsport mengumumkan bahwa di tahun 2016 ini menurunkan Muhammad…

Rabu 9 Desember 2015 | Berita Otomotif

Munich, KompasOtomotif – Keraguan BMW memproduksi i8 versi bodi tanpa atap dilaporkan sudah sirna. CEO BMW yg baru Harald Krueger menyampaikan kepada surat kabar Jerman…

Sabtu 16 April 2016 | Berita Otomotif

  Jakarta, KompasOtomotif –  Anomali pasar yg terjadi sepanjang 2015 diprediksi masih mulai terasa sampai semester pertama tahun ini, termasuk sektor otomotif. Tapi, kenyataannya pasar…