ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Mengapa Kompresi Mesin SkyActiv Di Indonesia Lebih Kecil?

Kamis, Maret 24th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Para insinyur Mazda menciptakan mesin bensin SkyActiv-G dengan rasio kompresi 1:14 yg diklaim tertinggi di dunia buat mobil produksi. Mesin itu diklaim juga menghasilkan efisiensi bahan bakar jauh lebih optimal dibanding mesin non-turbo lainnya, tetapi ternyata teknologi ini tak cocok di Indonesia.

Masalahnya kompresi 1:14 butuh bahan bakar minimal Research Octane Number (RON) 92. Bila ditawarkan di Indonesia, kendalanya bukan cuma harga mobil jadi makin mahal tetapi juga mengurangi potensi pembelian di daerah. Sebab bahan bakar setara Pertamax Plus itu sulit ditemukan di luar kota besar apalagi di luar pulau Jawa.

Mesin Skyactiv Mazda yg digunakan pada Biante yg dipasarkan di Indonesia

Solusinya, Mazda Motor Indoenesia (MMI) menawarkan SkyActiv-G dengan rasio kompresi sedikit lebih rendah yakni 1:13. Pilihan ini lebih masuk akal bagi seluruh pihak, MMI mampu potensi penjualan sedangkan konsumen tak perlu khawatir karena mobil mampu meneguk minimal RON 90 (Pertalite).

“Sangat beresiko kalau harus dikasih 1:14, tetapi toh dikasih 1:13 saja telah luar biasa dan terbukti bagus,” kata Ari Tristanto, Sales Trainer MMI di Bandung, Sabtu (19/3/2016).

Negara yang lain yg juga memakai SkyActiv-G dengan rasio kompresi 1:13 yakni Amerika Serikat, dengan begitu konsumen mampu memakai bahan bakar berkualitas lebih rendah yg otomatis lebih murah.

Di Indonesia SkyActi-G digunakan pada mesin 1.5L yg dimiliki hatchback 2, 2.0L dan 2.5L pada SUV CX-5, dan 2.5L pada sedan 6. Mesin 2.0L pada MPV Biante juga memakai teknologi SkyActi-Gm namun bedanya rasio kompresi lebih rendah lagi yakni 1:12, sebab saluran pembuangan belum memakai konfigurasi 4-2-1.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Mengapa Kompresi Mesin SkyActiv Di Indonesia Lebih Kecil?

Senin 4 April 2016 | Berita Otomotif

Bogor -Suzuki Indomobil Sales (SIS) membuktikan bahwa All New Suzuki Satria F150 memiliki performa akselerasi yg mampu diandalkan. Bahkan Suzuki mengadu Satria F150 dengan motor bermesin…

Minggu 6 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta -Sebagai varian Multi Purpose Vehicle (MPV) medium, banderol tipe Q Toyota Kijang Innova terbaru memang terbilang wah. Namun, PT Toyota Astra Motor (TAM) menyebutnya, harga…

Rabu 18 November 2015 | Berita Otomotif

Tak sampai 2 tahun menjabat Vice President Director PT Toyota Astra Motor, Suparno Djasmin digantikan oleh Henry Tanoto.Berdasarkan rotasi-mutasi Direksi Grup Astra yg rutin dikerjakan…