Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Menelisik Fungsi Spoiler Pada Mobil

Selasa, Februari 2nd 2016.

Jakarta -Masih banyak orang yg tak mengetahui mengenai fitur-fitur yg banyak dihadirkan di dalam mobil. Seperti yg pernah dibahas dalam artikel-artikel sebelumnya, ternyata tak cuma sesuatu namun cukup banyak fitur di dalam mobil yg belum diketahui secara detail cara penggunaan serta fungsinya.

Terkadang, masih banyak orang yg mengira bahwa komponen itu disematkan cuma bagi mempercantik kendaraan saja.

Salah satunya adalah spoiler. Padahal, spoiler yg berada pada belakang mobil tersebut memiliki sejumlah fungsi. Yakni, memberikan gaya ke bawah atau downforce untuk mengurangi daya angkat (lift) yg timbul karena kecepatan tinggi.

Tidak cuma itu, spoiler juga berfungsi buat meningkatkan handling dengan cara meningkatkan efek aerodinamis kendaraan yg dimiliki.

Beberapa produsen mobil pun sudah mengembangkan komponen ini sehingga bisa mengembang saat mobil melaju dengan kecepatan 100 kilometer per jam.

Tidak hanya keluaran pabrikan, saat ini telah banyak spoiler produk aftermarket yg dijual di pasaran. Alhasil, seandainya mobil Anda tak dibekali spoiler, Anda dapat menambahkannya. Namun, belum tentu juga memiliki fungsi yg sama seandainya dibandingkan dengan versi original.

Selain itu, spoiler yg terpasang secara tak presisi tak mulai dapat meningkatkan downforce kendaraan. Terlebih lagi, seandainya spoiler aftermarket yg Anda pilih terlalu berat, maka mulai memengaruhi konsumsi bahan bakar kendaraan.

Efeknya mulai sama saat Anda menetapkan memasang aksesori kendaraan yg semakin memperberat beban mobil.

Sedangkan, pada mobil balap, komponen semacam ini dinamakan wing dengan fungsi yg hampir mirip dengan spoiler sendiri. Namun, wing berukuran lebih besar seandainya dibandingkan dengan spoiler.

Menariknya lagi, mobil-mobil biasa pun telah banyak yg memakai wing seperti halnya pada mobil balap. Perlu diingat, seandainya penggunaan wing ini sebenarnya tak terlalu tepat karena mulai semakin membebani kinerja mesin mobil.

Foto: Newspress

(ddn/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Menelisik Fungsi Spoiler Pada Mobil

Rabu 6 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menganggap, banyak hal yg dapat menghancurkan industri otomotif di Indonesia. Salah satunya adalah kebijakan Kementerian Perdagangan yg mengizinkan impor…

Selasa 1 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif –  Kecurigaan banyak pihak terkait Lamborghini Gallardo yg menabrak warung dan menewaskan sesuatu orang di Surabaya adalah mobil bodong ternyata tak benar. KompasOtomotif…

Sabtu 13 Februari 2016 | Berita Otomotif

California -Saat ini, mobil otonom yg sedang diuji di dua negara diharuskan bagi memiliki setir, pedal rem dan pedal gas serta membutuhkan pengemudi yg mampu mengoperasikan…