Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Menanjak 47 Derajat Pakai All New Fortuner, Cuma Bisa Lihat Langit

Minggu, Januari 24th 2016.

Jakarta -Toyota Astra Motor (TAM) memberikan kesempatan buat menguji ketangguhan All New Fortuner di lokasi yg mensimulasikan medan offroad. Simulasi medan offroad ini memakai sebuah jembatan tinggi dengan sudut kemiringan hampir 50 derajat.

Kali ini, detikOto diberi kesempatan menunggangi All New Fortuner dengan penggerak 4×4. Namun, detikOto cuma dibolehkan duduk sebagai penumpang, sementara tugas pengemudi dilaksanakan oleh pengemudi offroad profesional.

Sebelum menanjak ke jembatan setinggi 4 meter dengan kemiringan 47 derajat, penggerak roda SUV ini diputar ke posisi 4L. Mengubah ke posisi 4L cukup mudah, cuma dengan memutar knob di bagian tengah di bawah sistem audio dan pengatur AC.

“Karena ini pakai sistem elektronik, jadi kalian tunggu dua detik. Sudah masuk ke 4L, kelihatan di instrumen cluster, baru kami naik pelan-pelan,” kata Irwan sebagai pengemudi offroad profesional yg mengendalikan Fortuner ini saat menanjak di jembatan ekstrem.

Mobil pun perlahan merangkak naik. Mengingat sudut tanjakannya sebesar 47 derajat, detikOto dan dua rekan lainnya yg berada di dalam mobil cuma mampu melihat langit di kaca depan.

Bahkan, Irwan sebagai pengemudi cuma mengandalkan keterangan yg diberikan oleh rekannya dari luar mobil melalui alat komunikasi buat memastikan ketepatan posisi mobil. Koordinasi dari luar mobil sangat diperlukan sehingga mobil tak terlalu ke kiri atau ke kanan.

Tanjakan setinggi 4 meter dengan kemiringan 47 derajat pun mulus dilalui All New Fortuner hingga datang di puncak jembatan. Selanjutnya, kalian dihadapi turunan ekstrem dengan sudut kemiringan 47 derajat juga.

Di tengah turunan, Irwan sempat memberhentikan mobil. Dia ingin memastikan bahwa sabuk pengaman benar-benar mengunci sehingga badan kita tetap terjaga. Turunan juga dapat dilalui dengan mulus.

Selanjutnya adalah rintangan buat menguji suspensi. Di rintangan ini, kaki-kaki All New Fortuner benar-benar teruji.

Sempat salah sesuatu roda menggantung tanpa menapak ke landasan. Namun, setelah roda yg menggantung jatuh ke landasan, suspensi bisa meredam getaran. Suspensinya sangat empuk.

Foto: Rangga Rahadiansyah
Foto: Rangga Rahadiansyah
Foto: Rangga Rahadiansyah
Foto: Rangga Rahadiansyah
Foto: Rangga Rahadiansyah
Foto: Rangga Rahadiansyah
Foto: Rangga Rahadiansyah

(rgr/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Menanjak 47 Derajat Pakai All New Fortuner, Cuma Bisa Lihat Langit

Rabu 28 Oktober 2015 | Berita Otomotif

Jakarta – Dalam perhelatan Jakarta Auto Show (JAS) 2015, Mazda Motor Indonesia (MMI) meraih penghargaan dalam J.D. Power Asia Pacific 2015 Indonesia Customer Service Index…

Selasa 24 November 2015 | Berita Otomotif

Binuang, KompasOtomotif — Ada yg menarik ketika menyaksikan seri terakhir Indonesia Road Race Champhionship (IRRC) di Sirkuit Balipat, Binuang, Kalimantan Selatan, Minggu (22/11/2015). Saat lomba memasuki…

Selasa 8 Maret 2016 | Berita Otomotif

Ingolstadt -Mobil hidrogen sepertinya bakal menjadi mobil yg paling diminati karena ramah lingkungan. Beberapa pabrikan telah menggelontorkan mobil hidrogen baik versi produksi massal maupun konsep. Beberapa…