ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Mau Ungguli Thailand, Otomotif Indonesia Harus Bersaing Soal Harga

Kamis, Oktober 29th 2015.

Jakarta -Saat ini industri otomotif Thailand memang masih mengungguli Indonesia. Namun, Indonesia bertekad buat melampaui Thailand dalam hal industri otomotif di masa depan.

Memang, Ketua III Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Johnny Darmawan mengatakan, secara penjualan Indonesia sempat melampaui Thailand. Namun, secara industri, Thailand masih mengungguli Indonesia.

“Secara jualan market kalian melampaui Thailand, tetapi janga bergembira karena (kalau Indonesia ingin unggul), Thailand itu secara fundamental harus di bawah Indonesia. Tapi kan sekarang dia (Thailand) itu di atas indonesia,” kata Johnny ketika ditemui di arena Jakarta Auto Show (JAS) 2015 di JCC, Senayan, Jakarta.

Sebab, industri Thailand telah sangat besar. Negeri Gajah Putih itu kini telah menjadi basis produksi bagi diekspor ke dua negara.

“Kita kalau mau menang secara mental dan funndamental, harusnya otomotif Indonesia itu secara kapasitas harus bersaing, dan kami bersaing dalam hal harga,” tegas Johnny.

Johnny menyebut, kapasitas produksi kendaraan bermotor di Thailand telah cukup besar dibandingkan Indonesia. Di Thailand, kapasitas produksi per tahunnya telah mencapai 2.5 sampai 2,6 juta per tahun. Sementara di Indonesia baru sebesar 1,9 juta per tahun.

“Kan lihat perkembangan dari 2006. Selalu kami bilang kalau mau jadi industri kami mesti milik kapasitas yg besar. Dulu 700-800 ribu. Dalam 4-5 tahun ini naiknya luar biasa, dari 800 ribu naik ke 1,9 juta. Artinya seluruh APM (agen pemegang merek) yakin ke Indonesia karena Indonesia ada langkah ke depan. Sementara Thailand telah dari 6-7 tahun dulu telah 2,5-2,6 juta. Dan mereka local supllier 2.600, sedangkan Indonesia 400 dan sekarangg berkembang 700 ribuan,” jelas Johnny.

(rgr/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Mau Ungguli Thailand, Otomotif Indonesia Harus Bersaing Soal Harga

Sabtu 21 November 2015 | Berita Otomotif

Torrance, KompasOtomotif – Akhirnya Volkswagen resmi mulai menunjukkan versi produksi dari Dune di ajang Los Angeles Auto 2015 di Torrance, California, Amerika Serikat (AS), akan…

Minggu 10 Januari 2016 | Berita Otomotif

Bandung, KompasOtomotif — Sebagai sepeda motor yg diklaim stylish, muda, dan penuh warna, Yamaha New Fino 125 Blue Core juga ditawarkan dengan berbagai aksesori pendukung oleh…

Sabtu 31 Oktober 2015 | Berita Otomotif

Jakarta -Isu lepasnya PT. Mabua Motor Indonesia sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Harley-Davidson menyeruak. Apalagi setelah diberitakan Mabua Motor mengalami penurunan penjualan pada tahun ini. Kabar…