Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Mau Tahu Sejarah Mobil Dunia? Datang Saja Ke Museum Ini

Selasa, Desember 22nd 2015.

Nagakute -Tertarik melihat sejarah perkembangan mobil di dunia? Atau koleksi mobil yg dari yg pertama kali muncul hingga ketika ini? Semua itu bakal dipamerkan di Museum Toyota Automobile di Kota Nagakute, Prefektur Aichi, Jepang.

Pameran bakal berlangsung pada 5 Januari 2016 dan mulai menampilkan evolusi pada industri otomotif global. Sebanyak 72 kendaraan dan mobil buatan Eropa, Amerika, dan Jepang mulai ditampilkan dalam pameran tersebut.

Website resmi Toyota melansir bahwa museum Toyota Automobile sebenarnya masih dalam tahap perbaikan. Rencananya perbaikan museum tersebut mulai rampung pada 2019 mendatang bertepatan dengan hari jadi Museum Toyota Automobile yg ke-30 tahun.

Dalam pameran yg mulai dibuka pada 5 Januari nanti, terdapat delapan zona pameran yg terdapat di lantai beberapa museum. Zona pertama mulai menampilkan era munculnya kehadiran industri mobil dengan dipamerkan model Benz Patent Motorwagen buatan Jerman pada tahun 1886 serta model buatan Jepang, Yoshida-shiki Takuri tahun 1907.

Zona beberapa menampilkan era awal abad ke-20. Teknologi pada mobil akan diciptakan buat dan berbagai bentuk mobil akan diciptakan lebih ramping. Di zona ini, mobil yang berasal Inggris Rolls Royce Silver Ghost produksi tahun 1910. Lanjut ke zona 3, di zona ini industri mobil selalu berkembang dan populer di kalangan masyarakat. Ditampilkan Ford Model T buatan tahun 1909.

Melangkah ke zona 4, pengunjung museum mulai disuguhi dengan penampilan mobil mewah dengan performa tinggi yg menjadi kompetisi di Eropa dan Amerika Serikat. Mobil Duesenberg Model J produksi Amerika Serikat tahun 1929 yg jadi display penting di zona 4.

Pada zona 5 di museum Toyota Automobile, pengunjung mulai melihat evolusi dari mobil-mobil balap dan sport. Sebanyak 9 mobil dipamerkan pada zona ini, tetapi Bugatti Type 35B tahun 1926 yg jadi primadona pamerannya.

Lanjut ke zona 6 yaitu era dimana Jepang akan memproduksi mobil secara massal. Pada zona enam, Museum Toyota Automobile menampilkan mobil buatan Amerika Serikat merupakan De Soto Airflow Series SE tahun 1934 dan Toyoda Model AA produksi Jepang tahun 1936.

Sejarah dalam industri mobil selalu berkembang hingga ke zona 7 dan 8. Di zona 7, akan terjadi persaingan di industri mobil. Delage Type D8-120 produksi Perancis tahun 1939 jadi highlight di zona ini.

Zona terakhir atau zona 8 merupakan awal kebangkitan mobil usai Perang Dunia II. Pada era ini, mobil sport juga tengah booming di Amerika Serikat. Mobil penting yg dipamerkan di zona ini merupakan Cistalia 202 Coupe tahun 1947 buatan Italia dan Chevrolet Corvette tahun 1953.

Tiket buat masuk ke Museum Toyota Automobile merupakan buat dewasa 1.000 yen (Rp 113 ribu), lansia (usia 65 tahun keatas) 500 yen (Rp 56 ribu), siswa SMP dan SMA 600 yen (Rp 67 ribu), dan siswa Sekolah Dasar 400 yen (Rp 45 ribu).

Foto: Toyota Motor Corporation
Rolls Royce Silver Ghost (Foto: Toyota Motor Corporation)

(nkn/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Mau Tahu Sejarah Mobil Dunia? Datang Saja Ke Museum Ini

Senin 25 Januari 2016 | Berita Otomotif

Shandong -Setelah seorang pria di Guangdong membeli sebuah van berharga 90.000 yuan atau sekitar Rp 189,7 juta dengan uang pecahan hingga sesuatu truk penuh, kini seorang…

Senin 9 November 2015 | Berita Otomotif

Bogor, KompasOtomotif – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memandang gemuknya segmen low MPV bukan karena faktor harga yg terjangkau atau lainnya, tapi jauh lebih besar…

Jumat 8 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Suzuki sudah memberikan serangkaian ubahan dan penambahan fitur pada Ertiga Dreza. Setelah sempat menghilangkan rem Antilock Braking System (ABS) di New Ertiga yg dirilis tahun…