Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Masalah Yang Dihadapi Industri Komponen Lokal

Kamis, Maret 31st 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Perkembangan industri komponen lokal belum mampu dikatakan mapan. Apalagi dengan berbagai persolan yg dihadapi, membuat mereka semakin terjepit, bahkan ada yg gulung tikar.

Hadi Surjadipradja, Vice President Gabungan Industri Alat-Alat Mobil Motor (GIAMM) mengatakan, dari anggotanya, ada beberapa pengusaha komponen dan aksesori yg telah menyerah. Sementara sisanya masih bertahan walaupun dalam keadaan memprihatinkan.

“Bukan cuma terjepit, bahkan ada yg telah mati. Dari anggota kalian ada beberapa yg telah menyerah,” ujar Hadi, Selasa (29/3/2016).

Memberatkan

Hadi melanjutkan, faktor pertama yg menyulitkan merupakan bahan baku. Bea masuk yg dikeluakan pengusaha komponen besar, karena tak mengimpor dari ASEAN (Rp 0).

“Ini yg membuat kita sulit. Harapan kami, regulasi pemerintah milik harmonisasi yg benar, barang jadi yg diimpor harusnya milik pajak lebih mahal, dibanding bahan baku yg mulai digunakan buat merakit di dalam mobil. Namun kalau sekarang terbalik-balik aturanya, makanya pengusaha lokal mulai habis (bangkrut),” tutur Hadi.

Kemudian, lanjut Hadi, upah buruh yg dinaikkan. “Pemerintah daerah menaikkan upah pekerja, sementara produktivitasnya kecil. Semakin tercekik kami,” tutur Hadi.

Hadi meneruskan, yg kemudian menentukan merupakan volume penjualan kendaraan. “Jadi mobil dan sepeda motor harus laku. Kalau tak ada penjualan sama saja bohong,” ujar Hadi.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Masalah Yang Dihadapi Industri Komponen Lokal

Senin 9 November 2015 | Berita Otomotif

Tokyo, KompasOtomotif – Satu per sesuatu produsen otomotif yang berasal Jepang menyatakan tak mulai memakai inflator airbag (kantung udara) dari Takata pada mobil barunya. Setelah,…

Kamis 4 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Otolovers sedang bingung mencari ban yg bagus dan berkualitas? Berikut ada tipsnya agar tak salah memilih ban. Dalam memilih ban, ada beberapa hal yg perlu…

Jumat 4 Maret 2016 | Berita Otomotif

San Fransisco -Pendiri Apple, Steve Jobs sudah tiada, namun ternyata ia masih menyisakan piutang berupa biaya parkir yg berlebih. Badan Transportasi Kota San Fransisco  merilis bahwa…