Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Mahasiswa Makassar Ciptakan Prototype Mobil Berbahan Bakar Hidrogen

Rabu, Februari 10th 2016.

Makassar -Saat ini produsen mobil telah akan ramai memasarkan mobil hidrogen. Ternyata dari wilayah timur Indonesia, mahasiswa jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia (UMI), Makassar, telah berhasil menciptakan prototype mobil berbahan bakar hidrogen.

Sekelompok ilmuwan muda ini menamakan kelompoknya Petroline Teknik Kimia UMI ini berhasil merancang mobil konsep berukuran mini dengan bahan acrilyc dan reaktor berbahan stainless steel dengan bahan bakar dengan memanfaatkan tekanan yg dihasilkan reaksi kimia perpaduan oksigen dan air.

Kelompok Petroline ini terdiri dari lima mahasiswa Teknik Kimia UMI yakni Irfan, Muh. Asrul idris, Andi Rina Ayu Astuti, Fasdilah ali dan Ifa trinoviani.

Menurut Irfan, yg ditemui detikOto di Laboratorium Teknik Kimia UMI, Selasa (9/2/2016), prototipe mobil temuan mereka ini ramah lingkungan karena tak mengandung bahan bakar fosil dan tak menimbulkan polusi, dengan memanfaatkan daya dorong gas yg dihasilkan dari reaksi bahan kimia hasil racikan timnya yg masih mereka rahasiakan.

“Proyek mobil ini kita mulai ikutkan di kompetisi Chem-E-Car yg mulai diadakan Maret mendatang di kompetisi chemical berstandar Internasional di kampus Institut Teknologi Surabaya, sementara ini kita belum dapat rincikan bahan kimia yg digunakan,” ujar Irfan.

Sementara menurut Dosen sekaligus Supervisor tim Petroline, Syamsuddin Yami, proses penemuan prototipe mobil bertenaga reaksi kimia ini bersumber dari riset tugas perancangan dari perkuliahan mahasiswanya.

Untuk sementara hasil temuan akademis mahasiswanya masih berstatus konsep prototipe mobil ramah lingkungan yg belum mampu dikomersilkan.

“Proyek Chemi-Car ini bagian dari coba mencari sumber energi alternatif, selain dari bahan bakar fosil yg terbatas dan tak bisa diperbaharui, dengan memakai reaksi kimia yg menghasilkan gas bertekanan,” ujar Syamsuddin.

Foto: Muhammad Nur Abdurrahman
Foto: Muhammad Nur Abdurrahman

(mna/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Mahasiswa Makassar Ciptakan Prototype Mobil Berbahan Bakar Hidrogen

Jumat 4 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Salah sesuatu kendala saat ingin melakukan modifikasi sepeda motor kustom, yakni mencari toko atau bengkel yg menjual komponen hingga aksesorinya. Sekalinya ada,…

Senin 14 Maret 2016 | Berita Otomotif

London, KompasOtomotif – Sejumlah produsen otomotif dunia lagi berlomba-lomba menyukseskan revolusi teknologi otonomos (otomatisasi berkendara) pada produk andalan masing-masing. Ketika hal ini terjadi, mobil mulai…

Senin 28 Maret 2016 | Berita Otomotif

Banyaknya produsen mobil di Indonesiayang berlomba-lomba mengelontorkan produk baru. Tapi tak sedikit produsen otomotif yg masih menyimpan model-model barunya, dan boleh dikatakan sedikit terlambang dari…