Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Mabua Lepas Harley Karena Pajak Kemahalan, Ini Komentar Menkeu

Sabtu, Februari 6th 2016.

Jakarta -Dokumen internal PT Mabua Harley-Davidson yg menyebutkan mereka melepas keagenan HD di Indonesia bocor.

Di surat itu disebutkan, berbagai peraturan pemerintah soal pajak barang mewah menyebabkan harga HD menjadi mahal di Indonesia dan membuat mereka sulit menjual motor besar itu di Indonesia.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro di Istana Negara pun mengomentari soal hal ini.

“Ya itu bisnis biasalah. Lah kan banyak juga  yg milik dan mau beli, kalau kayak gini memang nggak mau ubah PMK (Peraturan Menteri Keuangan)? Ya sekarang pertanyaan itu suatu urgensi atau tidak, gitu lho. Kita nggak ngomongin kemungkinan, tetapi kalau itu satu hal yg penting, ya kami mulai pertimbangkan,” ujar Bambang, Jumat (5/2/2016).

Pemerintah lanjut Bambang, sebenarnya telah memotong tarif pajak beraneka barang mewah, tapi bukan motor.

“Kenapa? Karena buat sebagian orang motor mewah memang bukan sebuah kebutuhan. Kamu memang naik? aku juga nggak punya,” ujarnya.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Sofyan Djalil menambahkan, biasanya konsumen motor besar tak mempedulikan soal besarnya pajak. Jadi kalaupun tak ada agen resmi, konsumen ini biasanya segera mengimpor sendiri motornya.

“Jadi kalau nggak milik diler disini ya diimpor langsung. Kalau kamu mau beli motor besar ya bayar lebih mahal lagi,” ujarnya.

Presdir PT Mabua Harley-Davidson Djonnie Rahmat rencananya mulai menggelar jumpa pers soal beredarnya surat ini minggu depan.

Foto: Rachman Haryanto
Foto: Agung Pambudhy

(ddn/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Mabua Lepas Harley Karena Pajak Kemahalan, Ini Komentar Menkeu

Kamis 21 April 2016 | Berita Otomotif

Guangzhou, KompasOtomotif – Prinsipal otomotif yang berasal Italia dan Amerika, Fiat Chrysler Automobiles (FCA) akan memproduksi Jeep Renegade di China. Ini dikerjakan lantaran China memiliki…

Kamis 21 Januari 2016 | Berita Otomotif

Bangkok -Toyota Motor Thailand merilis hasil penjualan sepanjang 2015. Senasib dengan Indonesia, penjualan di negeri itu juga mengalami penurunan hingga 18,7 persen. Total mobil yg yg…

Jumat 29 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -PT Pertamina sampai ketika ini masih menjual premium sebagai salah sesuatu produk mereka. Namun produk ini ternyata dinilai kurang ramah lingkungan. Commercial Retail Fuel Marketing…