Hubungi Kami SMS whatsapp
Lubang Pada Rem Cakram, Apakah Untuk Gembok? - Isuzu Surabaya - Isuzu Surabaya
Isuzu Surabaya

Dealer Resmi Isuzu Surabaya

Menu

Lubang Pada Rem Cakram, Apakah Untuk Gembok?

Kamis, Maret 10th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Sepeda motor produksi baru kebanyakan telah mengadopsi rem cakram, setidaknya pada roda depan. Jenis sistem pengereman ini diklaim milik performa lebih baik dibanding tromol.

Salah sesuatu komponen rem ini yg gampang dikenali, adalah piringan (disc) cakram, biasanya berbentuk lingkaran, walaupun ada juga yg tidak. Pada piringan itu, biasanya juga terdapat banyak lubang-lubang, yg biasa dimanfaatkan biker, sebagai jadi dudukan atau pegangan gembok.

Namun, apakah lubang memang tersebut dibuat bagi fungsi menempatkan gembok, yg biasa dikerjakan biker, bagi menghindari pencurian? Atau ada fungsi yang lain dari lubang-lubang pada rem cakram?

Dua Fungsi

M Abidin, GM Aftersales Service and Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), menjelaskan maksud  dari lubang tersebut. Dirinya mengatakan, desain cakram seperti itu memiliki beberapa fungsi utama.

“Lubang pada cakram milik beberapa tujuan, pertama buat mempermudah proses pelepasan panas. Pelepasan panas yg dimaksud merupakan gesekan yg terjadi ketika pengereman, antara piringan dan kanvas rem,” ujar Abidin kepada KompasOtomotif, Rabu (9/3/2016).

Kemudian yg kedua, lanjut Abidin, lubang-lubang dibuat buat pengurangan bobot kendaraan. Selain itu, banyaknya lubang juga ditentukan oleh kebutuhan daya rem.

“Ini biasanya disesuaikan dengan besarnya power motor yg digunakan , sehingga pengendalian total sepeda motor mulai seimbang, antara power mesin dan power pengeremannya,” tutur Abidin.

“Jadi lubang tersebut, bukan didesain bagi tempat gembok cakram,” ujar Abidin.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Lubang Pada Rem Cakram, Apakah Untuk Gembok?

Minggu 22 November 2015 | Berita Otomotif

Milan – Produsen motor Prancis, Peugeot Scooters mendapat berkah yg cukup banyak tahun ini. Total penjualan mereka naik sekitar 5 persen didorong oleh laris manisnya…

Jumat 20 November 2015 | Berita Otomotif

Kabar menggembirakan kini tiba dari Google yg dilaporkan jadi pemimpin dalam penelitian mobil kemudi otomatis. Menurut laporan dari perusahaan analis pasar IHS, Google sukses karena…

Senin 2 November 2015 | Berita Otomotif

Industri komponen aftermarket ikut meramaikan gelaran Jakarta Auto Show (JAS) 2015 di Jakarta Convention Center. Berbagai komponen penunjang akan dari aksesori visual sampai jantung pacu…