Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Lepas Rindu Jumpa Bus Lorena “Jadul” 1973

Sabtu, April 2nd 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Setelah sekian lama disimpan, bus Lorena yg pernah berjasa mengantar orang bepergian dalam trayek Jakarta-Bogor pada era 1970-an, akhirnya muncul. Bus yg penuh dengan aroma nostalgia ini tampil ke hadapan publik, pada pameran antar-bisnis suku cadang, aksesori, dan kelengkapan kendaraan (INAPA), JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (1/4/2016).

Febri Ardani/KompasOtomotif Bus Lorena 1973 yg tampil di INAPA 2016 kelihatan bugar karena telah direstorasi.

Bus dengan sasis Mercy produksi 1973 ini yaitu saksi bisu sejarah transportasi di Indonesia. Bukan cuma itu, salah sesuatu dari cuma beberapa unit Lorena Jakarta-Bogor yg pernah beroperasi kala itu adalah tonggak berdirinya perusahaan transportasi punya Gusti Terkelin Soerbakti.

Kehadiran bus Lorena sebagai bagian dari acara “Mercedes-Benz Bus Untuk Semua” yg digelar di INAPA 2016. Bus Lorena hanyalah salah sesuatu dari enam bus beda model yg mejeng selama acara berlangsung dari 29 Maret hingga 1 April 2016.

Febri Ardani/KompasOtomotif Pelat nomor masih berlaku hingga 2018.

Kendati bus berkapasitas 40 penumpang ini telah berusia 43 tahun, penampilannya masih bugar. Kondisinya sehat dengan segala komponen yg kelihatan orisinal. Koordinator acara Mercedes-Benz Bus Untuk Semua A.M Fikri, Jumat (1/4/2016), menjelaskan, bus Lorena ini dikendarai dari lokasi penyimpanannya di Tajur, Bogor, Jawa Barat, sampai ke lokasi pameran.

Bus Lorena masih mampu saja dipakai jalan sebab seperti tertera di pelat nomornya, masih berlaku hingga 2018. Tapi tentu tak dapat dibawa mengangkut penumpang karena masa berlaku uji berkalanya berakhir pada Juli 2013.

Febri Ardani/KompasOtomotif Bus Lorena memakai sasis Mercedes-Benz 1973.

Selama pameran bus “jadul” ini kerap jadi tempat berhenti dan sumber percakapan para pengunjung. Tidak sedikit yg menetapkan mengambil foto, mungkin banyak di antara mereka pernah duduk di dalamnya atau sekadar melihatnya di jalanan.

Sebelum masanya orang banyak mampu beli kendaraan pribadi dengan harga murah, bus angkutan umum adalah pilihan rasional buat transportasi. Jangan dilupakan bus juga bagian dari sejarah transportasi di Indonesia.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Lepas Rindu Jumpa Bus Lorena “Jadul” 1973

Kamis 19 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Sadikin Aksa yg ketika ini masih menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) mengajukan diri sebagai salah sesuatu kandidat Ketua…

Sabtu 9 Januari 2016 | Berita Otomotif

Washington -Penurunan harga minyak membuat masyarakat kembali memilih mobil-mobil yg relatif bongsor dan boros bensin, yakni mobil pikap dan SUV. Demikian hasil riset peneliti Michael Sivak…

Selasa 26 April 2016 | Berita Otomotif

Jerez, KompasOtomotif – Maverick Vinales yaitu salah sesuatu kandidat penting sebagai pengganti posisi Jorge Lorenzo di tim Movistar Yamaha, akan musim depan. Namun, setelah melihat…