Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Lebih Dekat Dengan Gesits, Calon “Motor Nasional”

Rabu, Mei 4th 2016.

Surabaya, KompasOtomotif – Setelah tercetus kerja sama sejak 2015, akhirnya produk kolaborasi Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, diperkenalkan. Adalah prototipe sepeda motor berteknologi listrik bernama Gesits.

Jika jadi diproduksi massal dan dipasarkan, tidak muluk seandainya Gesits dijuluki sebagai sepeda motor nasional pertama dengan teknologi listrik.

Garansindo Electric Scooter ITS (Gesits) yaitu wujud kongret dari kemampuan mahasiswa Indonesia dalam mengembangkan teknologi kendaraan listrik. Konsep kendaraan yg dipercaya mulai lestari di masa depan, saat kebutuhan mulai minyak mentah semakin mendesak.

Ketika Gesits pertama kali diperkenalkan di Gedung Riset Mobil Listrik, Kampus ITS, Surabaya, KompasOtomotif berkesempatan buat melihat lebih dekat seperti apa produk ini. “Semua sasis masih dibuat hand made, karena masih prototipe. Tetapi, teknologi yg diaplikasi oleh Gesits, sama sama canggihnya dengan Zero (sepeda motor listrik dari AS),” kata Muhammad Al Abdullah, CEO Garansindo.

Baca Juga : Buka-bukaan Jeroan Motor Listrik Nasional Garansindo-ITS

Dari pandangan mata, Gesits kelihatan lebih angker, berkat kelir hitam yg melekat di segala tubuhnya. Wujud ini berbeda dengan model sama yg lebih lalu bocor via video, di mana bodinya berkelir putih. Permainan lampu penting yg telah LED, dengan sein tipis menempel di lis fairing depan, mengesankan desain futuristik.

Wisnu Guntoro Adi Posisi baterai terdapat di balik jok.

Muhammad Nur Yuniarto, Ketua Gesits, mengatakan, semua teknologi alias jeroan skuter listrik ini memakai merek Iquteche yg telah dipatenkan oleh ITS. Motor listrik, sistem penyaluran tenaga, sampai aplikasi android yg menjadi panel meter pada prototipe ini yaitu hasil karya ITS.

 Saat diketok bagian fairing depan, lokasi dudukan lampu, masih memakai plat besi. Sedangkan buat bodi samping telah plastik. Komponen pendukung lain, seperti pelek, ban, spion, lampu, dan rem, masih mengandalkan produk-produk after market yg telah menjamur.

“Untuk dua komponen, kita telah melakukan seleksi dua UKM di Indonesia. Jadi kita pastikan komponen yg digunakan yaitu pasokan yg benar-benar dari perusahaan lokal,” kata Nur.

Baca juga: Skutik Listrik Garansindo-ITS “Pinjam” Teknologi Zero

Gesits yaitu sepeda motor Skutik otomatis bertenaga listrik dengan daya motor 5KW. Dibekali baterai lithium ion, bisa menempuh jarak sejauh 80 km – 100 km buat sesuatu kali pengisian baterai. Kebutuhan waktu pengisian baterai sekitar 1,5 – 4 jam, memakai colokan rumahan. Sedangkan dengan charger khusus, cuma butuh waktu sekitar setengah jam.

Gesits diklaim dapat mencapai kecepatan maximum 100 kpj, mampu disetarakan dengan motor berbahan bakar konvesional bertenaga 125cc. Perbedaan utamanya, Gesits tak mengeluarkan emisi gas buang sama sekali sehingga kendaraan ini dipercaya bisa menjadi solusi pengurangan polusi di Indonesia dan dunia.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Lebih Dekat Dengan Gesits, Calon “Motor Nasional”

Kamis 24 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Bisa jadi tak seluruh pemilik Mazda paham soal mesin SkyActiv yg mereka beli. Pemahaman dasar sebenarnya diperlukan buat mengenal karakter, agar tahu…

Selasa 22 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Menjadi salah sesuatu tuan rumah balapan MotoGP tidaklah mudah. Banyak hal yg harus disiapkan, selain sarana dan prasarana, negara tersebut juga harus…

Minggu 20 Maret 2016 | Berita Otomotif

Bandung -PT Mazda Motor Indonesia (MMI) ketika ini masih enggan membawa mobil bermesin diesel ke pasar Indonesia. Alsasannya, bahan bakar diesel di Indonesia masih belum sesuai…