Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Lampu Rem Itu Merah, Jangan Diganti Warna Lain

Kamis, Januari 7th 2016.

Jakarta -Masih ada pengguna sepeda motor yg memodifikasi kendaraannya tak sesuai anjuran. Bahkan, ada pemotor yg mengganti warna lampu belakang atau lampu rem yg seharusnya berwarna merah menjadi lebih terang, sama seperti warna lampu depannya.

Padahal, telah mutlak bahwa warna lampu rem adalah merah, bukan warna lainnya. Fungsi lampu rem adalah sebagai peringatan kepada pengguna jalan di belakang bahwa kendaraan Anda sedang memperlambat laju.

Kalau diganti dengan warna yang lain apalagi menjadi lampu yg terang seperti lampu depan kendaraan, maka mulai mengecohkan pengguna jalan di belakang. Kendaraan yg lampu belakang atau lampu remnya terang seperti lampu depan membuat pengguna jalan yang lain mengira bahwa ada kendaraan yang lain dari lawan arah.

“Lampu belakang yg diubah warnanya seperti headlamp atau lampu depan, ya pasti telah salah besar. Ini sangat berisiko, pengendara di belakangnya mulai mengira ini kendaraan dari lawan arah. Jadi ya kemungkinan kendaraan di belakang menabrak kendaraan tersebut pasti sangatlah tinggi,” kata Instruktur Defensive Driving dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Boy Falatehansyah kepada detikOto.

Boy mengatakan, pemilihan warna merah pada lampu rem kendaraan disimbolkan sebagai tanda bahaya atau harus berhenti seperti pada lampu dulu lintas. Teori ini telah diterapkan di dunia ratusan tahun lalu.

“Karena warna merah sama juga seperti darah yg memacu penglihatan kami lebih cepat mengirimkan pesan ke otak buat mengambil tindakan sebagai bahaya. Dan (warna) ini lebih mudah dimengerti,” jelas Boy.

Jika lampu rem kendaraan diganti dengan warna yg lebih terang, maka lampu tersebut mulai menyilaukan pengendara di belakang. Lebih parahnya, pengendara di belakang mengalami snow blindness yaitu kebutaan sesaat setelah terpancar cahaya terang dari depan. Kalau telah begitu, risiko kecelakaan semakin besar.

“Kalau mengganti lampu belakang dengan lampu (seperti) headlamp mampu saja menyebabkan kendaraan di belakangnya menjadi snow blinded atau snow blindness. Istilah ini sama seperti orang yg kehilangan penglihatan mata sementara, karena terkena cahaya putih yg terlalu terang, kata awamnya itu silau. Sama kalau kami terkena lampu tinggi (high beam),” ujar Boy.

(rgr/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Lampu Rem Itu Merah, Jangan Diganti Warna Lain

Kamis 18 Februari 2016 | Berita Otomotif

Mungkin ini adalah yg pertama di dunia. Sepeda berjalan. Apa itu? Tidak ada rincian yg menjelaskan video berdurasi 10 detik ini. Namun digambarkan bahwa alat…

Jumat 25 Maret 2016 | Berita Otomotif

Frankfurt -Dua produsen mobil yang berasal Jerman, Volkswagen dan Porsche menarik 800 ribu unit mobil mereka akibat kesalahan perakitan pada bagian pedal. Varian yg terkena imbas…

Sabtu 5 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Demi menjaga keamanan dan kenyamanan konsumen, khususnya pengguna sepeda motor, Telkomsel launching perangkat dan aplikasi bernama T-Bike. Melalui T-Bike, para biker bisa…