ISUZU MOTOR INDONESIA

AUTHORIZED DEALER

Menu

Lakukan Ini Jika Mobil Terbakar Saat Berkendara!

Rabu, Februari 3rd 2016.

Tidak ada yg menginginkan kecelakaan ketika berkendara di jalan, termasuk kebakaran mobil. Ya, salah sesuatu kecelakaan yg paling ditakutkan adalah terbakarnya kendaraan yg mampu membahayakan diri kalian sendiri dan juga orang lain.

Mobil yg terbakar banyak sekali faktornya. Menurut lansiran Toyota Astra (30/1), hal tersebut bisa disebabkan oleh bagian mobil yg panas, terkena percikan api dari puntung rokok ataupun ketidaksesuaian modifikasi pada mobil.

Lalu apa yg harus dilakukakan apabila terjadi kebakaran? Adapun berikut ini adalah dua tindakan yg harus diambil saat terjadi kebakaran ketika berkendara.

Langkah pertama merupakan menjaga jarak kendaraan dengan kendaraan yang lain yg terbakar bagi menghindarkan energi panasnya.

Langkah selanjutnya yg harus dikerjakan merupakan mematikan mesin sebelum meninggalakan kendaraan. Hal ini dikerjakan buat menghindari terjadinya ledakan karena mobil dalam kondisi panas. Selain itu, langkah ini perlu dikerjakan bagi menghindari potensi api menyebar atau meledak dari tangki bahan bakar.

Apabila kendaraan Anda mengeluarkan sejenis asap atau percikan api, maka segeralah keluar dari mobil bagi menyelamatkan diri. Setelah Anda berada di tempat yg aman, langsung minta bantuan pemadam kebakaran serta tenaga medis seandainya anda atau penumpang lainnya terluka.

Hal terpenting dalam menghadapi kebakaran pada kendaraan merupakan mencari tempat yg aman. Sebaiknya anda tak mendekati kendaraan yg terbakar.

Hindarilah mendekati kendaraan dengan keadaan api cukup besar atau kecil. Terlebih seandainya Anda ingin memadamkan api atau mengambil barang bawaan di dalam kendaraan.

Demikianlah dua langkah yg harus dikerjakan seandainya terjadi kebakaran pada kendaraan. Sebagai langkah awal, seandainya anda melihat asap setelah kecelakaan atau bau terbakar, jangan panik, bertindaklah cepat dan ambil tindakan yg sama seperti di atas.Baca juga:
4 Hal yg bikin cat mobil cepat pudar
Wajib tahu, ini cara perhatian pada oli mobil matic agar tidak ngambek
Awas, ini bahayanya nge-charge HP di dalam mobil!
6 Tips membeli mobil buat pemula
Beli velg mobil? Perhatikan 3 hal ini agar tidak menyesal!
Sumber: http://www.merdeka.com

Mobil Terbaru

Related Article Lakukan Ini Jika Mobil Terbakar Saat Berkendara!

Selasa 5 Januari 2016 | Berita Otomotif

Madrid, KompasOtomotif – Tidak sembarang helm yg dapat dipakai balapan. Begitu pula yg dikerjakan Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) dan Dorna Sports sebagai penyelenggara MotoGP.…

Jumat 22 Januari 2016 | Berita Otomotif

Motor 200 cc TVS Apache RTR yg sempat tertangkap kamera di pinggiran Jawa Barat akhirnya resmi meluncur di Indonesia. Data spesifikasinya pun menarik karena rupanya…

Jumat 22 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Hadir sebagai generasi baru, Toyota Fortuner mengalami ubahan dari seluruh sektor, seperti eksterior, interior, mesin hingga teknologi. Kehadiran sport utility vehicle (SUV)…