Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Kupas Detail All-New Pajero Sport Langsung Dari Jepang

Selasa, Januari 12th 2016.

Tokyo, KompasOtomotif – Wakil Mitsubishi di dalam negeri, Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), sebenarnya telah menyiapkan kedatangan All-New Pajero Sport sejak lama. Salah sesuatu bagian aktivitasnya merupakan mengajak perwakilan media yang berasal Indonesia melihat segera model generasi ketiga itu di Jepang,  Oktober 2015.

KompasOtomotif ikut jadi saksi, namun atas permintaan KTB segala reportase tak mampu ditayangkan sampai batas yg ditentukan. Setelah dua kali berganti jadwal tayang akhirnya hasil peliputan dari Jepang dapat disiarkan pada Januari 2016.

Febri Ardani Pajero Sport V6

Generasi kedua Pajero Sport lahir pada 2008, ketika ini peredarannya di semua dunia mencapai 400.000 unit. Kemasan generasi ketiga berubah total, hampir tak ada yg sama dibanding sebelumnya.

Wajah baru All-New Pajero Sport memakai ciri khas desain “Dynamic Shield”, desain seperti ini bakal banyak kalian jumpai di banyak produk modern Mitsubishi termasuk MPV 7-penumpang untuk Indonesia.

Mitsubishi Motors Corporation Mitsubishi All-New Pajero Sport.

Tidak ada sudut kaku, seluruh lekuk tubuhnya mendukung aerodinamis dan telah melewati ujian di terowongan angin. Drag coefficient berkurang 13 persen dibanding pendahulunya. Semua tipe All-New Pajero memakai penerangan LED serta pelek 18 inci dengan beberapa pilihan desain.

“Konsepnya sederhana tetapi di luar ekspektasi pasar,” kata Koichi Namiki Corporate General Manager Global Pickup Project Promotion Office, Product Projects & Strategy Group Mitsubishi Motors Corporation dalam presentasinya.

Febri Ardani/KompasOtomotif Tampang “dynamic shield” Mitsubishi All-New Pajero Sport.

Dimensi

Perubahan ukuran bodi Pajero Sport baru cuma lebih panjang 90 mm dari model sebelumnya menjadi 4,785 m. Lebar sama 1,815 m dan tinggi pun demikian 1,8 m. Jarak sumbu roda juga tak berubah, 2,8 m.

Pajero sejatinya tinggal di “dua alam”, aspal dan off-road. Dinilai dari tampang barunya mampu jadi kalian menduga mobil ini hanya cocok dibawa “kondangan”, tetapi nyatanya spesifikasi membuktikan Pajero baru bersiap diajak “main lumpur”.

DNA off-road dengan ground clearance setinggi 218 mm tetap dipertahankan. Warisan yang lain dari model sebelumnya, sudut tanjakan depan (approach angle) 30° dan sudut tanjakan belakang (departure angle) 24°. Sekarang Pajero mampu melewati batas genangan air setinggi 700 mm, lebih tinggi 100 mm dibanding sebelumnya.

Febri Ardani/KompasOtomotif Mesin baru Mitsubishi All-New Pajero Sport, 4N15 4-silinder 2.4L MIVEC turbo bertenaga 178 tk @3.500 rpm dan torsi 430 Nm @2.500 rpm, Terdapat beberapa pilihan transmisi, manual 6-percepatan dan otomatis 8-percepatan.

Mesin

All-New Pajero Sport milik tiga pilihan mesin, paling baru diesel 4N15 4-silinder 2.4L MIVEC turbo. Olahan dapur pacu menghasilkan 178 tk @3.500 rpm dan torsi 430 Nm @2.500 rpm, distribusi kemampuan ke ban dibantu beberapa pilihan transmisi, manual 6-percepatan dan otomatis 8-percepatan.

Mesin ini dirancang menyesuaikan standar emisi kendaraan di Eropa. Selain itu, dengan hasil emisi karbon dioksida (CO2) di bawah 200 g/km, mesin 2.4L juga “lolos” dari beban pajak tambahan yg berlaku di Thailand.

Thailand adalah basis produksi All-New Pajero Sport. Negara tujuan ekspornya mencakup 90 negara, termasuk Australia, Asia Tenggara, Timur Tengah, Afrika, Amerika Latin, dan Rusia.

Dua mesin yg digunakan pada model lama tetap tersedia. Diesel 4D56 2.5L bertenaga 134 tk dan torsi 324 Nm dipadankan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 5-percepatan. Sedangkan 6B31 MIVEC V6 3.0L yg menyemburkan 206 tk dan torsi 279 Nm hanya dibekali transmisi otomatis 8-percepatan.

Febri Ardani/KompasOtomotif Tombol pengaturan fitur Super Select 4WD-II.

4WD

All-New Pajero Sport milik beberapa pilihan sistem gerak, kedua roda belakang dan keempat roda (4WD). Pada 4WD mengandalkan fitur Super Select 4WD-II dengan akuator elektrik yg berperan mengatur traksi masing-masing ban sesuai keadaan permukaan jalan serta membatasi pembagian 60 persen torsi buat roda depan dan sisanya roda belakang.

Super Select 4WD-II milik empat mode, merupakan 2H (gerak roda belakang), 4H (gerak seluruh roda tanpa differential), 4HLc (gerak seluruh roda, differential mengunci), dan 4LLc (gerak segala roda, differential mengunci, low gears).

Fitur

Tambahan fitur pada Pajero Sport terbaru semakin lengkap, kini telah ada active stability & traction control, hill start assist, hill descent control, climate control, forward collision mitigation, blind spot warning, ultrasonic misacceleration mitigation, tujuh kantong udara, dan keyless entry.

Indonesia

Rencananya KTB bakal launching All-New Pajero Sport pada Januari 2016, berjarak enam bulan sejak debut pada Juli 2015 di Thailand. Belum ada informasi resmi soal spesifikasi, jumlah tipe, dan harga jual untuk model yg dipasarkan di Indonesia.

Dalam tahap awal, pasokan unit All-New Pajero di Indonesia mulai disuplai dari Thailand. Namun akan 2017, seluruh unit domestik diproduksi di dalam negeri.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Kupas Detail All-New Pajero Sport Langsung Dari Jepang

Senin 25 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, Kompas Otomotif – Keputusan PT Ford Motor Indonesia (FMI) bagi menutup bisnisnya di Indonesia cukup mengejutkan. Merek yang berasal Amerika Serikat (AS) ini menjadi…

Kamis 17 Desember 2015 | Berita Otomotif

New Delhi -Mahkamah Agung India akhirnya melarang penjualan mobil baru bermesin diesel dan memutuskan pajak yg tinggi terhadap truk ‘berusia tua’ yg masuk kota New Delhi.…

Senin 15 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Honda All-New CBR150R yg meluncur pada Minggu (14/2/2016) di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, tampil jauh lebih eye catching dibandingkan generasi sebelumnya.…