Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Konsultan Otomotif: Indonesia Perlahan Bisa Salip Thailand

Jumat, April 1st 2016.

Jakarta -Saat ini industri otomotif Indonesia masih tertinggal dengan Thailand sebagai basis produksi kendaraan bermotor. Thailand dapat mengekspor kendaraan hingga sesuatu juta unit per tahun, sedangkan Indonesia baru mampu ekspor 200 ribu setahun.

Dengan angka ekspor yg besar itu, Thailand dapat menjadi basis produksi di ASEAN. Padahal, secara penjualan mobil domestik Indonesia lebih banyak.

Meski ada fakta bahwa Thailand ketika ini lebih unggul dibanding Indonesia dalam hal industri otomotif di Asia Tenggara, PSOS Business Consulting, perusahaan konsultan bisnis global memprediksi bahwa Indonesia bakal melebihi Thailand dalam hal industri otomotif.

Markus Scherer, Global Automotive Head of IPSOS Business Consulting memperlihatkan bukti kuat bahwa Indonesia perlahan mulai menggantikan Thailand sebagai pusat produksi otomotif penting di ASEAN. Hal ini memiliki implikasi besar buat produsen dan penyuplai suku cadang otomotif serta pemangku kebijakan di kedua negara.

“Buktinya jelas bahwa dalam hal tren output produksi kendaraan, perkembangan kebijakan dan perbaikan infrastruktur, Indonesia mulai selalu meningkatkan kapasitas produksi, konsumsi domestik dan volume ekspor sekaligus. Produsen otomotif dan pemangku kebijakan Indonesia, Thailand dan negara-negara yang lain tentu mulai mempertimbangkan implikasi ini,” kata Markus.

Markus menyebut, diprediksi pada tahun 2020 kendaraan bermotor di Indonesia mulai semakin berkembang. Konsultan ini memperkirakan, penjualan kendaraan penumpang pada 2020 mulai naik 6,8 persen dibandingkan tahun 2015. Dengan pasar domestik yg meningkat, maka kemungkinan volume ekspor juga mulai meningkat. Dengan begitu, Indonesia dapat menjadi basis produksi otomotif di Asia Tenggara. (rgr/lth)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Konsultan Otomotif: Indonesia Perlahan Bisa Salip Thailand

Jumat 15 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta – Di tengah lesunya pasar otomotif nasional dan persaingan yg semakin ketat sepanjang 2015, PT Toyota-Astra Motor (TAM) berhasil mempertahankan posisinya sebagai market leader.…

Senin 2 November 2015 | Berita Otomotif

Datsun menjanjikan bahwa GO-cross Concept memiliki ground clearance lebih tinggi dibandingkan Datsun GO+. Fungsinya adalah menanamkan kepercayaan diri pengendaranya buat menempuh medan yg lebih keras.…

Senin 28 Desember 2015 | Berita Otomotif

Mantan Wakapolri, Komjen (Purn) Nanan Soekarna dinilai sudah menorehkan prestasi sejak terpilih menjadi Ketua Umum PP Ikatan Motor Indonesia (IMI) Periode 2011-2015. Salah satunya, peningkatan…