Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Komunitas: Harga Harley Tidak Masuk Akal

Kamis, Februari 11th 2016.

Jakarta -Berhentinya PT Mabua Motor Indonesia sebagai agen resmi Harley-Davidson di Indonesia, disayangkan oleh Direktur Harley-Davidson Owner Group (HOG), Sahat Manalu. Pemerintah dinilai bakal kehilangan penerimaan pajak motor besar seperti Harley dari penjualan yg dikerjakan oleh Mabua.

Pemerintah menerapkan kenaikan pajak buat importasi penjualan motor besar hampir 300 persen. Selain itu, pajak penjualan barang mewah dinaikkan dari semula 75 persen menjadi 125 persen.

Hal tersebut menjadi salah sesuatu hal yg menjadi dasar berhentinya Mabua sebagai agen pemegang merek Harley-Davidson di Indonesia. Melihat hal tersebut, Sahat Manalu ikut angkat bicara dan menilai harga jual motor Harley-Davidson di Indonesia tak masuk akal.

“Kenapa Mabua tutup? Karena nilai jual motor tak realistis dan pajaknya tinggi. Mabua mau jual motor Rp 1,4 miliar orang yg mau beli siapa? Pembelinya jadi sangat berkurang karena harga mahal dan komponen pajaknya 240 persen,” kata Sahat kepada detikOto, Kamis (11/2/2016).

Keputusan Mabua bagi berhenti sebagai agen resmi Harley, juga dikatakan Sahat memiliki pengaruh pada pendapatan kas negara. Apalagi dengan kenaikan pajak dan tarif bea masuk yg sudah diterapkan buat motor besar seperti Harley.

“Sekarang tinggal pemerintah bagaimana, ini Mabua tutup pemasukan pajak misalnya yg di 2013 saja menjual 1.000 unit motor, kalau penerimaan pajaknya Rp 300 juta saja dikali 1.000 unit telah Rp 300 miliar ini hilang karena Mabua tutup,” kata Sahat kepada detikOto,

Sebagai anggota komunitas dan pemilik Harley, Sahat cuma dapat mengikuti keputusan yg ditetapkan oleh pemerintah terkait pajak bagi moge.

“Kalau kalian sih taat pajak, taat hukum. Kita serahkan ke pemerintah. Orang-orang di pemerintah kan pintar, tinggal kalkulasi. Kalau mau pajaknya tetap ya begini, kalau pajaknya mau diturunkan, orang-orang mau beli motor lagi, penerimaan mulai masuk (untuk pemerintah). Kita cuma ikut saja,” tandasnya.

(nkn/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Komunitas: Harga Harley Tidak Masuk Akal

Senin 2 November 2015 | Berita Otomotif

Stuttgart -Porsche sepertinya tidak dapat melupakan kejayaan mobil bertransmisi manual bagi mobil sport. Pabrikan mobil sport yang berasal Jerman itu dikabarkan mulai membuat Porsche 911 GT3…

Minggu 13 Maret 2016 | Berita Otomotif

Bratislava -Transportasi masa depan, Hyperloop tidak cuma mampu dinikmati oleh warga di Amerika Serikat. Transportasi dengan kecepatan supersonik itu bakal merambah benua biru Eropa. Seperti dilansir…

Sabtu 23 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompaOtomotif – Prestige Image Motorcars sebagai salah sesuatu importir umum (IU) mobiil premium akan memasarkan Mercedes-Benz S 500 Maybach di Indonesia. Sedan mewah bergenre…