ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Klaim 5 Bintang, Renault Diprotes Global NCAP

Senin, Februari 22nd 2016.

London, KompasOtomotif – Global New Car Assessment Programme (NCAP) menegur Renault, atas iklan Megane III yg beredar di Amerika Latin. Iklan tersebut dianggap tak sesuai, pasalnya Renault menyantumkan label rating 5 bintang dari EURO NCAP.

Teguran itu tak mampu dianggap sepele, pasalnya salah paham ini diungkapkan sendiri oleh Secretary General Global NCAP David Ward melalui surat yg ditujukan bagi Chairman dan CEO Renault Carlos Ghosn.

Dalam surat itu seperti tertera dalam informasi resmi Global NCAP pada minggu lalu, Ward menyampaikan rating EURO NCAP seharusnya tak digunakan di kawasan Amerika Latin sebab kawasan ini telah memiliki lembaga independen uji tabrak sendiri yakni Latin NCAP.

Spesifikasi mobil yg dijual di masing-masing kawasan berbeda tergantung kebutuhan pasar, sebab itu kualitasnya tak mampu senantiasa disamakan. Megane III belum diuji Latin NCAP jadi tak dapat dipastikan tingkat keselamatannya sesuai rating 5 bintang punya EURO NCAP.

Global NCAP beranggapan cara Renault seperti ini bakal membingungkan konsumen sekaligus tak adil dalam kompetisi, terutama untuk merek yang lain yg telah sah mendapatkan rating lima bintang dari Latin NCAP.

Atas kejadian ini Global NCAP menuntut Renault merespons dengan tiga respone. Pertama, berhenti menayangkan iklan yg berkaitan di Amerika Latin, kedua meminta maaf kepada EURO NCAP atas penyalahgunaan label, dan ketiga, mengajukan Megane III spesifikasi Amerika Latin bagi diuji Latin NCAP agar mendapatkan hasil yg akurat.

Kejadian seperti ini mengingatkan untuk para pabrikan, jangan sampai salah memberikan keterangan kepada konsumen. Selain itu membuat para manufaktur belajar menghormati lembaga independen keselamatan berkendara.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Klaim 5 Bintang, Renault Diprotes Global NCAP

Senin 2 November 2015 | Berita Otomotif

Tokyo – Yamaha kembangkan robot yg dapat mengendarai motor. Seperti apa? TechnaBob melansir, Yamaha kembangkan robot yg mampu mengendarai motor bernama Motobot Ver. 1. Saat…

Selasa 19 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Meski sebenarnya tak bersaing secara langsung, Yamaha Aerox 125LC dapat dihadapkan dengan Honda Vario 125 eSP, terutama dari sisi performa mesin. PT…

Kamis 28 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Suspensi Ohlins pada umumnya digunakan oleh sepeda motor di ajang balap, termasuk MotoGP. Namun, sekarang terutama di Indonesia, telah banyak pengguna motor…