ISUZU MOTOR INDONESIA

AUTHORIZED DEALER

Menu

Kini Mobil Pun Bisa ‘Ngomong’

Sabtu, Januari 9th 2016.

Las Vegas – Dulu ada petikan lirik lagu terkenal merupakan ‘kalau bulan mampu ngomong’, nah ketika ini bukan bulan yg dapat ‘ngomong’ melainkan mobil. Dengan memakai software Delphi, mobil pun mampu melakukan komunikasi dan memberitahu pengemudinya.

Teknologi software buatan Delphi memungkinkan mobil mampu berkomunikasi dengan mobil lainnya, lampu dahulu lintas, maupun menginformasikan saat ada pejalan kaki di dekat mobil. Terdapat sensor dan kamera pada mobil yg menerima dan mengirimkan keterangan melalui sistem software tersebut.

Kepala tim software Delphi, Ryan Middleton menyampaikan bahwa teknologi yg dikembangkan timnya dapat menyediakan keterangan yg dibutuhkan pengemudi serta bisa berkomunikasi dengan mobil lainnya.

Melalui teknologi tersebut, diharapkan mampu menghindari terjadinya kecelakaan maupun mengurangi angka kecelakaan yg terjadi.

“Anda bisa berkomunikasi dengan mobil dan mendapatkan keterangan melalui layar yg terdapat di mobil,” kata Ryan, dikutip CNBC, Sabtu (9/1/2016).

Terdapat tiga bentuk komunikasi yg bisa dikerjakan oleh Delphi merupakan kendaraan dengan kendaraan (vehicle to vehicle), kendaraan dengan infrastruktur (vehicle to infrastructure), dan sinyal pejalan kaki (pedestrian alerts).

Komunikasi antara kendaraan dengan kendaraan mampu menentukan di mana posisi kendaraan yang lain berada, apakah ada di jalan yg sama atau jalan sekitar kendaraan yg dikemudikan. Sedangkan komunikasi antara kendaraan dengan infrastruktur merupakan penyediaan data berupa tanda jalanan dan lampu dahulu lintas. Sehingga mobil bisa melakukan navigasi dahulu lintas secara efisien.

Bentuk komunikasi terakhir yg bisa dikerjakan Delphi merupakan sinyal pejalan kaki. Sistem pada software Delphi mulai memberikan sinyal seandainya ada pejalan kaki maupun pengguna sepeda di sekitar mobil yg tengah dikendarai. Sinyal tersebut mulai memberitahukan kepada pengemudi buat menurunkan kecepatan mobil bisa sehingga mampu menghindari terjadinya kecelakaan.

Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Kini Mobil Pun Bisa ‘Ngomong’

Rabu 4 November 2015 | Berita Otomotif

Tata Motors baru-baru ini mengungkapkan bahwa pihaknya sudah sepakat bagi memakai jasa Lionel Messi sebagai global brand ambassador. Produsen mobil yang berasal India tersebut mengawali…

Sabtu 19 Maret 2016 | Berita Otomotif

New York¬†-Scion tak lagi mulai dijual Toyota di Amerika Serikat Agustus 2016 besok, tentu Toyota pun tak mulai tinggal diam terhadap model-model terbaiknya. Seperti model…

Rabu 16 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta¬†-Pabrik Astra Daihatsu Motor (ADM) di Sunter dan Karawang memiliki kualitas yg melampaui pabrik Daihatsu di Inggris dan Turki. Hal tersebut disampaikan segera oleh Direktur…