Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

“Kijang Type” Melekat Sebagai Karakter Konsumen Indonesia

Rabu, Mei 4th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Indonesia yaitu wilayah dengan potensi pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara. Jumlah penduduk dan luas daerah yaitu fakta yg sulit dinafikan. Namun, bagaimana sebenarnya karakter konsumen kendaraan roda empat di Indonesia?

Zafar Momin, Managing Director Head of Southeast Asia LEK Consulting, yg juga yaitu pengamat pasar otomotif ASEAN mengatakan, masyarakat Indonesia masih sangat tertarik dengan kendaraan multi guna (multi purpose vehicle/MPV), karena sanggup menampung banyak penumpang. Ini nampaknya telah jadi budaya dan tradisi di sini.

“Karakter pemilik mobil di Indonesia yaitu ‘Kijang type’ (mengacu pada MPV Toyota Kijang), bukan begitu? MPV telah menjadi tradisi dan jadi produk yg mereka sukai,” kata Zafar kepada KompasOtomotif, ketika dijumpai dalam acara South East Asia Auto Summit 2016, Kamis (21/4/2016).

Selain itu, konsumen di Indonesia juga gemar membawa banyak orang di dalam mobil, kalau perlu segala keluarganya mampu masuk. Oleh karena itu, MPV menjadi produk dengan pasar cukup besar, dibanding dengan produk lainnya. Inilah yg membuat  Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) belomba memperebutkan pasar ini.

Zafar melanjutkan, pemilik mobil di Indonesia juga kebanyakan tak telalu paham dengan mobil yg dikendarai. Maka dari itu, mereka tak begitu tertarik buat mengutak-atik atau memperbaiki mobilnya sendiri.

“Dalam keadaan masyarakat dengan karakter yg seperti ini, keberadaan diler jadi sangat penting. Karena saat ada sedikit kerusakan, mereka segera dapat bawa ke bengkel,” ujar Zafar.

Terakhir, kata Zafar, konsumen mobil di Indonesia, memakai mobil lebih banyak buat kebutuhan keluarga, dibandingkan dengan negara lain, yg umumnya bagi bisnis atau urusan pekerjaan.

“Jadi merek yg mengakomodasi karakter konsumen Indonesia, dengan menjual mobil MPV dan milik banyak diler, dapat jadi mulai bertahan di sini, atau bahkan berhasil,” ujar Zafar.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article “Kijang Type” Melekat Sebagai Karakter Konsumen Indonesia

Rabu 27 April 2016 | Berita Otomotif

  Tokyo, KompasOtomotif – Skandal “Dieselgate” merek mobil yang berasal Jerman Volkswagen yg terkuak pada akhir 2015 lalu, seakan membuka tabir pelanggaran-pelanggaran yg dikerjakan produsen…

Sabtu 5 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta -Produsen otomotif merasa tahun 2016 situasi ekonomi mulai masih sulit. Mitsubishi pun merevisi target penjualan kendaraannya. Executive General Manager of MMC Marketing Division PT Krama…

Senin 4 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Produsen mobil super yang berasal Italia, Ferrari dikenal sebagai pabrikan yg konsisten launching mobil-mobil spesial. Mobil super edisi terbatas yg menjadi model paling atas selalu…