Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Keuntungan Pakai Mesin Berturbo

Selasa, Januari 5th 2016.

London -Perangkat turbo biasanya menolong daya tambahan pada kendaraan. Sebuah turbo secara signifikan mampu meningkatkan tenaga mesin tanpa meningkatkan bobot kendaraan secara signifikan.

Seperti detikOto kutip dari laman Carwow, Selasa (5/1/2016), mesin konvensional membutuhkan pencampuran bahan bakar dan udara bagi bekerja. Perangkat turbo bertugas bagi memaksa lebih banyak lagi asupan udara ke dalam silinder mesin yg dapat dicampur dengan bahan bakar sehingga menghasilkan tenaga lebih.

Turbo memakai energi dari gas buang mesin bagi menempatkan udara ke dalam mesin. Perangkat turbo ini terdiri dari beberapa bagian penting merupakan turbin dan kompresor. Keduanya berkaitan erat, saat salah satunya berputar, yg lainnya juga ikut berputar.

Saat bahan bakar dalam mesin terbakar, gas buang dipaksa keluar dari mesin pada tekanan tinggi, selanjutnya sebuah tabung memutar turbin. Turbin ini berputar pada kecepatan yg sangat tinggi, bahkan sampai 250.000 RPM dan menyebabkan kompresor ikut berputar.

Hal itu menyebabkan aliran udara lebih banyak masuk ke dalam mesin daripada mesin non-turbo. Alhasil, tenaganya lebih besar.

Turbo bekerja pada kecepatan yg sangat besar. Artinya, perangkat ini beroperasi di bawah tekanan dan suhu tinggi.

Untuk mencegah risiko, biasanya intercooler dipasangkan dengan turbocharger buat mendinginkan udara. Dan, sistem minyak pendingin juga memastikan turbo tak bekerja terlalu panas.

Memang, tenaga yg lebih besar yaitu keuntungan penggunaan turbo yg paling umum. Namun, kelebihan tenaga tersebut sebenarnya yaitu sesuatu dari sekian keuntungan lainnya.

Keuntungan lainnya dari mesin turbo adalah efisiensi bahan bakar. Mesin turbo dapat menghasilkan tenaga yg sama dengan mesin non-turbo (biasa disebut normally-aspirated). Namun, dengan tenaga yg sama tersebut, bahan bakar yg digunakan justru lebih sedikit.

Karenanya, banyak pabrikan yg mengganti mesin yg lebih besar menjadi mesin kecil namun dilengkapi dengan turbo. Ford misalnya, pabrikan itu sudah menggantikan mesin bensin 1.6 liter dengan mesin 1.0 liter turbo. Hal itu menghasilkan power yg sama namun lebih irit bahan bakar.

Turbo juga memberikan torsi yg lebih besar. Biasanya, torsi telah tersedia di putaran mesin rendah.

Tak cuma itu, turbo dapat membuat kinerja mesin lebih senyap, sehingga berkendara lebih nyaman. Sebab, dengan adanya turbo, biasanya suara dari intake mampu diredam.

(rgr/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Keuntungan Pakai Mesin Berturbo

Sabtu 23 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Toyota All New Fortuner diproduksi memakai platform Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV), sama seperti Kijang Innova dan Hilux. Oleh karena itu, disebutkan…

Selasa 12 Januari 2016 | Berita Otomotif

Sudah lihat penampakannya? Keren, bukan? Ya, ini adalah Nissan Micra terbaru yg nantinya diharapkan bisa menjadi salah sesuatu penopang perusahaan di masa depan. Menurut Paul…

Jumat 29 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Kepindahan Jorge Lorenzo ke Ducati telah pasti terjadi akan musim 2017. Pertanyaan selanjutnya yg masih belum terjawab adalah, siapa pengisi bangku kosong…