Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Ketika Kelistrikan Mobil Tekor

Sabtu, Februari 6th 2016.

Jakarta Hallo detikOto, apa yg menyebabkan kelistrikan mobil Toyota Vios tahun 2007 tekor? Hal ini berakibat setir mobil tak mampu digerakkan seolah mesin dalam kondisi mati.

Kelistrikan yg tekor juga turut berimbas pada pencahaan lampu pada malam hari yg tak maksimal. Sound system juga turut mati saat setir tak dapt digerakkan.

Pembaca

Jawaban

Hallo juga, apakah kelistrikan tekor ini membuat mobil susah di-start? Saat mobil hidup, beban kelistrikan seharusnya ditanggung penuh oleh alternator (dinamo amper/generator listrik).

Jadi, kalo ketika jalan kelistrikan dirasa bermasalah. Coba cek sistem pengisian, apakah lampu pengisian menyala di meter kombinasi?

Sepertinya, arus hasil alternator ada yg bocor di tengah jalan. Coba cek apa ada sekering yg putus (box sekering di ruang mesin dan di bawah setir).

Kalau lampu dan setir melemah, hal ini mampu dipastikan karena tegangan baterai mobil drop di bawah seharusnya (12 volt). Ada tegangan yg terbagi ke area lain. Kemungkinan area drop di sekitar kelistrikan bodi dan bukan area mesin. Karena kalau area mesin kena, harusnya hidupnya juga gak normal, itu artinya kinerja busi terganggu.

Untuk memastikan penyebab tekornya kelistrikan ini, silakan bawa mobil ke bengkel resmi.

Terima kasih
Iwan Abdurrahman
Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (ddn/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Ketika Kelistrikan Mobil Tekor

Rabu 13 Januari 2016 | Berita Otomotif

Milan -Saat balapan MotoGP 2016 digelar di Sirkuit Mugello, Italia Mei mendatang, pebalap Honda, Marc Marquez diperkirakan bakal kehilangan dukungan dari fansnya. Para penggemar Marquez di…

Sabtu 9 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif –Setiap merek mobil milik strategi berbeda di tiap-tiap negara yg disambanginya. Hal serupa berlaku buat Honda saat memasarkan generasi terbaru Civic di Indonesia.…

Selasa 22 Maret 2016 | Berita Otomotif

Gujarat, KompasOtomotif – Bocoran generasi terbaru Suzuki Swift sempat merebak di internet, dua hari lalu, setelah sosoknya muncul dari India. Kini, wujud hatchback andalan Suzuki…