ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Ketika 5 Bos Produsen Mobil Jepang ‘Akur’ Duduk Satu Panggung

Jumat, Oktober 30th 2015.

Tokyo – Kalau soal jualan mobil di pasaran, 5 produsen Jepang, Toyota, Honda, Nissan, Mitsubishi, dan Mazda bersaing dengan ganas dan ketat. Tetapi bagaimana saat mereka duduk sepanggung? Saling cakar-cakaran?

Event yg jarang kelihatan di Indonesia itu disaksikan detikOto dalam sebuah konferensi mengenai mobilityscape Tokyo Motor Show. Para bos besar ini pastinya tak saling cakar-cakaran, malah kelima bos itu mampu harmonis dan terus menebar senyum.

Lima bos besar itu adalah Presiden Honda Motor Co Fumihiko Ike, Wakil Chairman Nissan Motor Co Hiroto Saikawa, Presiden Toyota Akio Toyoda, Presiden dan COO Mitsubishi Motors Tetsuro Aikawa dan terakhir Presiden dan CEO Mazda, Masamichi Kogai.

Kelimanya menjadi pembicara dalam konferensi yg diadakan oleh Japan Automobile Manufacturers Association, Inc, (JAMA) atau asosiasi produsen mobil Jepang. Yang memimpin JAMA kali ini adalah bos Honda Fumihiko Ike. Diskusi dengan tema yg agak berat ini dimoderasi oleh seorang wanita.

Jadi wajar saat mereka duduk bersama seperti itu muncul pertanyaan soal bagaimana mereka menyeimbangkan kerja sama dan soal kompetisi dalam merebut hati pelanggan dari wartawan yg tiba ke konferensi ini. Para wartawan ini tiba dari semua dunia.

Menanggapi pertanyaan mengenai kompetisi yg kian berat di ketika pelemahan ekonomi global, mereka kelihatan santai.

“Memang kita berkompetisi, tapi kalian juga menyadari kalau ada kerja sama ya kalian kerja sama. Di Jepang kita harus proaktif, seandainya pemerintah tengah mengerjakan suatu proyek infrastruktur, produsen juga ikut bekerja sama,” ujar Ike.

“Dari sisi bisinis memang kompetitif, tapi Toyota juga menjalin aliansi dengan produsen mobil lain, jadi bagus,” ujar bos Toyota, Akio Toyoda.

“Kompetisi itu tak pernah terlintas di benak kami, kalian fokus membuat produk yg berkualitas bagi masyarakat. Kami ingin individu yg membeli mobil kita merasa puas,” ujar Aikawa.

Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Ketika 5 Bos Produsen Mobil Jepang ‘Akur’ Duduk Satu Panggung

Senin 16 November 2015 | Berita Otomotif

Singapura – Mitsubishi dan Daihatsu sama-sama menempati posisi tertinggi di antara merek mobil lainnya dalam kepuasan pelanggan dengan pengalaman pembelian dan pengiriman kendaraan baru. Demikian…

Jumat 20 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta¬†– Gelaran Los Angeles Auto Show tahun ini dimanfaatkan Honda buat menunjukkan All New Honda Civic Coupe. Honda Civic generasi ke-10 itu dipamerkan akan 18-29…

Selasa 26 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – PT Ford Motor Indonesia (FMI) resmi menutup operasinya di Indonesia. Keputusan yg kabarnya perintah segera dari Ford global terbilang mengejutkan. Pasalnya, penjualan…