Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Kenali Teknik “Engine Brake” Saat Berkendara

Kamis, April 28th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif — Selain menekan pedal rem, ada cara yang lain bagi menurunkan laju kendaraan, merupakan dengan optimalisasi teknik engine brake. Beberapa pengemudi melakukan itu umumnya bagi meringankan kerja dari sistem pengereman.

Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Totoya Astra Motor, mengatakan, engine brake merupakan salah sesuatu teknik mengurangi kecepatan laju kendaraan dengan menurunkan putaran mesin. Caranya ialah dengan mengendurkan gas dan menurunkan gigi transmisi ke posisi rendah, misalnya dari empat ke tiga, tanpa kembali digas.

Engine brake ialah pengereman laju kendaraan, yg terjadi akibat hambatan putaran yg terjadi pada mesin. Walaupun tak menurunkan posisi transmisi, dengan mengendurkan gas dan terasa mobil telah tertahan, itu juga mampu disebut engine brake. Namun, keadaan ini mulai terasa pada posisi transmisi 1 sampai  3,” kata Iwan kepada KompasOtomotif, Selasa (26/4/2016).

Iwan melanjutkan, selain dengan menurunkan gigi transmisi 1 atau 2 tingkat tanpa digas, hambatan pada mesin (yang menimbulkan efek engine brake) terjadi karena asupan bensin yg dihentikan sehingga mesin tertahan oleh gigi transmisi.

“Kedua hambatan pada mesin itu yg nantinya mulai berefek pada naiknya RPM mesin, tapi tak disertai dengan power atau tenaga,” ujar Iwan.

Iwan menambahkan, engine brake dapat dikerjakan dalam keadaan jalan apa pun, kecuali pada ketika jalan menanjak. Namun, waktu yg tepat buat melakukan engine brake ialah pada ketika melalui jalanan menurun yg panjang ataupun ketika kecepatan tinggi di jalan lurus.

“Tetapi, sebagian besar, saran engine brake adalah pada ketika melintasi jalan yg menurun,” ujar Iwan

 

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Kenali Teknik “Engine Brake” Saat Berkendara

Rabu 27 April 2016 | Berita Otomotif

Jerez, KompasOtomotif – Dani Pedrosa (Repsol Honda) mengeluh balapan di seri keempat MotoGP yg digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol, membosankan. Pebalap berusia 30 tahun yg…

Rabu 9 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jenewa – Rolls-Rocye selama ini identik dengan merek yg dikendarai oleh ‘Orang Kaya yg Santun’. Rolls-Royce di Geneva Motor Show ingin mengubah sedikit citra itu…

Senin 22 Februari 2016 | Berita Otomotif

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Garansindo Euro Sports selaku distributor sepeda motor Ducati di Indonesia mulai lebih agresif melakukan penetrasi pasar. Garansindo mulai merangkul anggota komunitas…