Hubungi Kami SMS whatsapp
Kenali Teknik "Engine Brake" Saat Berkendara - Isuzu Surabaya - Isuzu Surabaya
Isuzu Surabaya

Dealer Resmi Isuzu Surabaya

Menu

Kenali Teknik “Engine Brake” Saat Berkendara

Kamis, April 28th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif — Selain menekan pedal rem, ada cara yang lain bagi menurunkan laju kendaraan, merupakan dengan optimalisasi teknik engine brake. Beberapa pengemudi melakukan itu umumnya bagi meringankan kerja dari sistem pengereman.

Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Totoya Astra Motor, mengatakan, engine brake merupakan salah sesuatu teknik mengurangi kecepatan laju kendaraan dengan menurunkan putaran mesin. Caranya ialah dengan mengendurkan gas dan menurunkan gigi transmisi ke posisi rendah, misalnya dari empat ke tiga, tanpa kembali digas.

Engine brake ialah pengereman laju kendaraan, yg terjadi akibat hambatan putaran yg terjadi pada mesin. Walaupun tak menurunkan posisi transmisi, dengan mengendurkan gas dan terasa mobil telah tertahan, itu juga mampu disebut engine brake. Namun, keadaan ini mulai terasa pada posisi transmisi 1 sampai  3,” kata Iwan kepada KompasOtomotif, Selasa (26/4/2016).

Iwan melanjutkan, selain dengan menurunkan gigi transmisi 1 atau 2 tingkat tanpa digas, hambatan pada mesin (yang menimbulkan efek engine brake) terjadi karena asupan bensin yg dihentikan sehingga mesin tertahan oleh gigi transmisi.

“Kedua hambatan pada mesin itu yg nantinya mulai berefek pada naiknya RPM mesin, tapi tak disertai dengan power atau tenaga,” ujar Iwan.

Iwan menambahkan, engine brake dapat dikerjakan dalam keadaan jalan apa pun, kecuali pada ketika jalan menanjak. Namun, waktu yg tepat buat melakukan engine brake ialah pada ketika melalui jalanan menurun yg panjang ataupun ketika kecepatan tinggi di jalan lurus.

“Tetapi, sebagian besar, saran engine brake adalah pada ketika melintasi jalan yg menurun,” ujar Iwan

 

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Kenali Teknik “Engine Brake” Saat Berkendara

Senin 30 November 2015 | Berita Otomotif

Seoul, KompasOtomotif – EQ900 atau dengan nama global G90, model pertama Genesis, merek mewah Hyundai, segera menyita banyak perhatian. Tak sampai 24 jam, model ini…

Selasa 12 Januari 2016 | Berita Otomotif

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo meminta penyelenggaraan MotoGP di Indonesia pada 2017 dipersiapkan secara matang. Karena itu, Jokowi meminta dikerjakan evaluasi pada rencana penyelenggaraannya.…

Minggu 29 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Tahun depan balapan khusus mobil otonomos mulai resmi digelar. Balapan ini disebut Roborace yg dibuat bertujuan memacu pengembangan teknologi otonomos dunia. Jadwal…