ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Kenali Jam Biologis Anda Sebelum Mengemudi

Selasa, Oktober 27th 2015.

Jakarta, KompasOtomotif – Masalah yg kerap dihadapi oleh para pengemudi atau pengendara kendaraan baik roda beberapa atau empat yakni rasa kantuk. Mengantuk itu menurut Dokter spesialis kesehatan tidur Rumah Sakit Mitra Kemayoran dr. Andreas Prasadja bukan terjadi karena kekenyangan, tetapi lebih tepatnya kurang tidur.

Andreas menyarankan, untuk siapa saja yg hendak berkendara baik itu sepeda motor atau mobil ada baiknya bagi mengenal jam biologis diri sendiri. Karena, masing-masing orang memiliki waktu tidur di jam tertentu. Di ketika jam tersebut, sebaiknya jangan menetapkan bagi berkendara.

“Kenali jam biologis diri sendiri, misalnya sehabis makan siang Anda mengantuk, atau jam-jam tertentu dimana biasanya Anda mengantuk. Kalau setelah makan siang mengantuk itu bukan karena kekenyangan, tetapi memang telah jam biologis Anda seperti itu,” ucap Andreas ketika dihubungi KompasOtomotif melalui sambungan telepon, Senin (26/10/2015).

Andres melanjutkan, rasa kantuk itu timbul karena orang tersebut kurang tidur. Tidur yg berkualitas setiap harinya bagi orang dewasa sekitar tujuh sampai Sembilan jam atau minimalnya enam jam.

“Dalam sesuatu hari tidur yg baik itu tujuh sampai sembilan jam. Jika telah tidur selama itu dan tetap mengantuk, orang tersebut memiliki penyakit tidur. Kalau seperti itu diusahakan jangan mengemudi karena berbahaya. Di negara berkembang orang mengantuk atau milik penyakit mendengkur saja dilarang mengemudi,” kata Andreas.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Kenali Jam Biologis Anda Sebelum Mengemudi

Sabtu 9 Januari 2016 | Berita Otomotif

Tokyo, KompasOtomotif – Kendaraan konsep terbaru Toyota di pameran Tokyo Auto Salon 2016 adalah crossover. Mobil masa depan Toyota itu bernama ViRA, yg yaitu hasil…

Minggu 24 Januari 2016 | Berita Otomotif

Baru-baru ini sebuah teaser video buat Maruti Suzuki Vitara Brezza sudah dirilis oleh perusahaan jelang perilisannya yg dijadwalkan bulan Februari nanti. Dalam video tersebut tampaknya…

Rabu 23 Desember 2015 | Berita Otomotif

Malang, KompasOtomotif – General Motors (GM) Indonesia mendonasikan Chevrolet Spin dan Aveo buat empat universitas terpilih, sebagai bagian dari kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate…