Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Kenali Batas Kecepatan Di Jalan Bebas Hambatan

Sabtu, Maret 19th 2016.

Jakarta -Jalan tol atau jalan bebas hambatan adalah salah sesuatu jalan yg paling tidak jarang dilewati para pengendara. Banyak kecelakaan dalam jalan tol terjadi karena pengemudi tak paham dengan tata tertib di jalan tol.

Salah satunya adalah kecelakaan yg terjadi karena pengendara memacu kecepatannya melebihi batas. Lalu berapa batas kecepatan berkendara di jalan tol? Berikut ulasannya.

Batas kecepatan di jalan bebas hambatan paling rendah adalah 60 kilometer per jam, dan paling tinggi 100 km per jam.

Hal ini ada dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 79 Tahun 2013 tentang Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Meskipun sudah diatur dalam peraturan pemerintah namun faktanya, masih banyak pengendara yg memacu kendaraannya tanpa memperhatikan batasan rambu.

Humas Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek menegaskan, untuk pengguna tol sebaiknya mematuhi aturan tentang batasan kecepatan, ini bertujuan buat mengantisipasi kecelakaan dan faktor keselamatan kepada pengendara lainnya.

Speed gun sudah digunakan pada ruas tol yg tak ada kemacetan serta cenderung melebihi batas kecepatan seperti tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Hasilnya, polisi menilang minimal 20 kendaraan di Tol Cipali setiap harinya, karena banyak pengemudi yg melanggar batas kecepatan.

Ada baiknya seandainya speed gun juga dapat diterapkan di segala ruas tol termasuk tol dalam kota, karena ada kecenderungan pengguna memacu kendaraannya saat telah lengang (lancar), yg mampu membahayakan keselamatan pengguna jalan (kendaraan) lainnya.

Menjaga kecepatan laju mobil Anda sama halnya dengan menjaga keamanan anda dalam berkendara.

Sehingga asuransi kendaraan serta pengemudi dan penumpangnya menjadi sangat penting. Untuk itu, Anda bisa memeriksanya di asuransi mobil terbaik.

Foto: Ahmad Masaul/detikcom
Foto: Masaul/detikcom
Foto: Ahmad Masaul/detikcom
Foto: Masaul/detikcom
Foto: Ahmad Masaul/detikcom
Foto: PT Lintas Marga Sedaya

(ddn/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Kenali Batas Kecepatan Di Jalan Bebas Hambatan

Kamis 24 Desember 2015 | Berita Otomotif

Bologna, KompasOtomotif – Berbeda dengan, Harley-Davidson, KTM, dan Kawasaki, Ducati belum memperlihatkan ketertarikan buat memproduksi sepeda motor listrik. Tetapi, bukan berarti tak boleh sekedar membayangkannya.…

Minggu 13 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Tabloid Otomotif kembali menggelar Otomotif Choice Award (OCA) 2015. Acara ini diadakan sebagai bentuk penganugerahan kepada para pelaku otomotif di Indonesia khususnya…

Minggu 20 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Motor skutik biasanya ditargetkan buat para wanita, namun Peugeot menargetkan 99 persen penggunanya adalah pria. Mereka rata-rata berusia 30 – 45 tahun, memiliki beragam latar…