ISUZU MOTOR INDONESIA

AUTHORIZED DEALER

Menu

Kemenperin Masih “Gantung” Aturan LCE

Sabtu, April 9th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Wacana penetapan aturan mobil ramah lingkungan, Low Carbon Emission (LCE) masih belum jelas titik temunnya. Pemerintah masih menggantung LCE, sebagai lanjutan dari program Low Cost Green Car (LCGC), yg telah berjalan sejak 2013.

Selain milik tujuan ke arah penjualan (karena harganya yg murah karena potongan insentif dan tak terbebani pajak), aturan ini juga ditujukan buat menekan konsumsi bahan bakar, serta menurunkan emisi gas buang, sehingga ramah lingkungan.  

Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan, Kemenperin tentu berharap ke depannya emisi kendaraan bermotor dapat semakin turun. Seperti pengalaman LCGC, selain emisi yg rendah, juga dapat mendobrak penjualan.

“Intinya Kemenperin ingin ke depannya, emisi kendaraan bermotor semakin berkurang. Saat ini seperti produk LCGC yg ketika ini cukup bagus dan penjualannya memang tinggi,” ujar Saleh Husin, Jumat (8/4/2016).

Kemenperin melanjutkan, terkait dengan kapan aturan LCE dijalankan, dirinya tak mampu memastikan. “Kami selalu mendorong kendaraan diproduksi dengan beremisi rendah, progresnya telah mengarah ke sana. Namun memang tak kita dorong secepatnya, dan paling tak secara bertahap,” ujar Saleh Husin.

Landasan penerbitan LCGC sebelumnya mengacu pada Peraturan Meneteri Perindustrian Republik Indonesia, Nomor 33/M-IN/PER/7/2013 kemudian dilengkapi Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2013. Bisa jadi bagi LCE juga mulai memakai payung yg sama.

Jika LCGC pernah menuai kontroversi di awal kemunculannya, apakah hal serupa mulai terjadi pada LCE? Kita lihat saja nanti.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

  • Pameran Otomotif Nasional 2016

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Kemenperin Masih “Gantung” Aturan LCE

Minggu 8 November 2015 | Berita Otomotif

Kawasaki model sport naked berukuran mini Z125 yg terpapar di data Kementerian Perindustrian ketika ini masih digodok. Pihak Kawasaki sendiri cuma mengaku bahwa mereka sedang…

Sabtu 9 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Bus tingkat wisata Tranjakarta kedatangan sesuatu unit anggota keluarga baru hibah dari Tower Bersama Group. Bus beberapa lantai itu sekarang sedang diperkenalkan…

Jumat 12 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Ditlantas Polda Metro Jaya terhitung Januari 2016, sudah melakukan dua pemblokiran terhadap barang bukti yg ditilang. Hal itu dikerjakan lantaran banyak pemilik kendaraan yg memilih…