ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Kemenperin: BBM Euro IV Pertamina Belum Cukup

Sabtu, Maret 12th 2016.


Jakarta, KompasOtomotif –
Penetapan aturan standar emii Euro IV, tak begitu saja dikerjakan secara sepihak di Indonesia. Namun, harus mempertimbangkan dua faktor pendukung lainnya, agar tak terkendala di tengah jalan.

I Gusti Putu Suryawirawan, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengatakan, standar emisi Euro IV dipengaruhi oleh berbagai  faktor, salah satunya bahan bakar. Apakah ketersediaannya telah mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

“Ditandatangani tahun ini mampu saja, namun pemberlakuan supaya efektif, seharusnya setelah didukung dengan ketersediaan bahan bakar yg cukup. Maka dari itu diperlukan koordinasi yg baik antar pemangku kepentingan,” ujar Putu kepada KompasOtomotif, Jumat (11/3/2016).

Belum Cukup

Putu melanjutkan, Pertamina hingga ketika ini memang telah memproduksi bahan bakar standar Euro IV. Namun, volumenya belum mencukupi, dan belum tersedia secara menyeluruh di wilayah Indonesia.

“Sektor industri mengharapkan aturan ini diimplementasikan setelah tersedia secara menyeluruh, seperti BBM misalnya. Aturan ini juga nantinya mulai dilaksanakan beberapa tahun sejak ditandatangani bagi model baru, dan ditambah beberapa tahun lagi (total empat tahun dari penandatanganan) bagi mobil yg diproduksi ketika ini,” kata Putu.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Kemenperin: BBM Euro IV Pertamina Belum Cukup

Selasa 23 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Gaung mobil nasional Esemka begitu nyaring terdengar sampai ke semua pelosok negeri Tanah Air dan berhasil memperkenalkan Joko Widodo sebagai Walikota Solo, pada…

Senin 8 Februari 2016 | Berita Otomotif

Beijing -Audi dikabarkan sudah melakukan tes varian coupe Audi A5 di China dan disebut-sebut bakal digelontorkan ke pasar negeri itu pada 2017 mendatang. Maklum, China yaitu…

Senin 15 Februari 2016 | Berita Otomotif

London -Aston Martin mulai launching model anyar andalannya, Aston Martin DB11, di gelaran Geneva Motor Show 2016, Maret mendatang. Mobil anyar pengganti DB9 itu digadang-gadang menjadi…