Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Kebijakan Truk Bekas Impor Sokong Proyek MRT

Kamis, April 7th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Dibukanya kembali aturan tentang impor truk bekas oleh pemerintah memicu tanggapan sinis dari pelaku industri otomotif Indonesia. Pasalnya, pasokan truk bekas asing dari luar negeri dianggap malah mengganggu pemain lokal.

Kebijakan itu dikeluarkan Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 127 tahun 2015. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dan Asosiasi Karoseri Indonesia (Askarindo) telah menyatakan sikap menolak peraturan baru itu.

Pada hari pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS), Kamis (7/4/2016), di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, I Gusti Putu Suryawirawan, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, menjelaskan, Permendag ditujukan buat produk-produk yg tak tersedia di Indonesia.

“Memang kebetulan bentuknya seperti truk tetapi ini bagi keperluan khusus jadi ini kalian kontrol agar industri dalam negerinya tak terkena imbas,” ujar Putu.

“Ini biasa dipakai bagi proyek-proyek MRT (Mass Rapid Transport) dia perlu kendaraan-kendaraan khsusus. Ini birokrasinya segera di perdagangan,” kata Putu lagi.

Dari penjelasan Putu terbaca Kementerian Perindustrian memahami pergolakan yg terjadi. Kekhawatirannya truk bekas yg diimpor mulai bersaing segera dengan model-model yg beredar di Indonesia.

“Kalau dimasukan sama mampu mematikan, tetapi ini kan berbeda,” ujar Putu yg juga menyampaikan hingga ketika ini belum ada pihak yg mengajukan diri sebagai pengimpor truk bekas.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

  • Pameran Otomotif Nasional 2016

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Kebijakan Truk Bekas Impor Sokong Proyek MRT

Jumat 11 Maret 2016 | Berita Otomotif

Dalam rangka turut andil dan menjadi bagian dari para komunitas mobil dan motor yg hadir di Pasar Jongkok Otomotif (Parjo) 2016, CV Sampurna Part Niaga…

Rabu 24 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Keselamatan berkendara menjadi hal yg sangat penting, terutama saat musim hujan diperlukan penghilatan dan konsentrasi yg lebih baik. Salah sesuatu cara mengatasi keterbatasan pandangan saat…

Senin 14 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mematok target ekspor kendaraan tahun ini sebesar 175.000 unit. Selama 10 bulan terakhir, ekspor mobil bermerek…