Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Kawasaki Z125, Kecil-kecil “Cabai Rawit”

Senin, Februari 29th 2016.


Jakarta, KompasOtomotif
 — Mengupas desain, posisi berkendara, dan handling Kawasaki Z125 telah selesai. Kali ini KompasOtomotif akan membahas mengenai performa dari minimoto itu.

Bentuk dan mesinnya boleh kecil, tapi ketika digeber di Pit Stop Karting, Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, tenaga Z125 cukup mumpuni. Boleh dijuluki “kecil-kecil cabai rawit”.

Mau tahu bagaimana performa sesungguhnya? Berikut ulasan lengkapnya!

Sebelum dimulai, pihak Kawasaki mewajibkan seluruh peserta test ride untuk mengenakan perlengkapan keamanan atau safety gear. Setelah itu, motor pun boleh digeber, tapi tak dapat maksimal, mengingat keterbatasan tempat dan keadaan jalan yg licin.

Ketika memutar kunci kontak ke posisi on, bunyi knalpot dan mesin Z125 cukup halus. Bahkan, getaran yg dirasakan hingga sangat minim terasa dari tampilan di kaca spion.

Tidak menunggu lama, KompasOtomotif langsung menekan kopling dahulu memasukkan gigi sesuatu dan selongsong gas pun akan diputar perlahan sampai motor melaju ke lintasan.

istimewa Test Ride Kawasaki Z125

Putaran pertama, KompasOtomotif  berkendara biasa buat mengetahui karakter lintasan dan motor. Masuk ke putaran kedua, selongsong gas akan diputar lebih dalam, terutama ketika melintasi trek lurus.

Memang tak dapat digeber maksimal, di lintasan lurus yg jaraknya lebih kurang 100 meter, KompasOtomotif hanya dapat berlari sampai hingga 90 kpj.

Tetapi, telah mampu diketahui bagaimana karakter dari mesin berkapasitas 125cc, SOHC 2 katup, 4-tak, silinder tunggal, dan berpendingin udara yg digendong Z125.

Torsinya terasa menghentak ketika rpm melewati 4.000 rpm dan torsi puncaknya di 6.000 rpm. Tenaga telah melimpah dari putaran bahwa hingga menengah, tapi sedikit menurun ketika putaran atas.

Pengaturan kopling juga dibuat ringan sehingga pengendara mampu lebih gampang mengoperasikannya.

Perpindahan gigi pertama hingga keempat juga dirasakan cukup halus. Ketika diajak bermanuver dalam kecepatan tinggi, bodinya yg kompak membuat pengendara lebih gampang mengendalikannya.

Kesimpulan

Aditya Maulana, KompasOtomotif Kawasaki Z125

Bicara kesimpulan, Kawasaki Z125 ini telah menggambarkan minimoto yg bertenaga. Desainnya juga sangat modern dan sporty serta tenaganya cukup mumpuni sehingga cocok digunakan sebagai sepeda motor harian.

Sayangnya, penggunaan lampu depan masih bohlam biasa, berbeda dengan belakang yg telah mengadopsi LED.

Selain itu, karena bentuk Z125 ini sangat kompak, jadi motor ini lebih nyaman digunakan sendiri ketimbang membonceng sesuatu penumpang lagi di belakang. Terakhir, motor ini mulai lebih nyaman dan stabil digunakan, seandainya ban dan peleknya lebih besar sesuatu ukuran dari bawaan pabrik.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Kawasaki Z125, Kecil-kecil “Cabai Rawit”

Selasa 12 Januari 2016 | Berita Otomotif

Sangata, KompasOtomotif – Penjelajahan lima mobil Datsun Go+ Panca dalam Datsun Risers Expedition (DRE) yg bercita-cita menempuh 10.000 km bukan semata-mata sebagai ajang pendongkrak image.…

Sabtu 20 Februari 2016 | Berita Otomotif

Bangkok, KompasOtomotif – Honda memberi penyegaran buat MSX125, atau juga disebut Grom buat kemudian disebut versi 2016. Tampilannya semakin ganteng, tetap berstatus sebagai ”mini-streetfighter” atau…

Jumat 15 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta – Mobil terbaru besutan Honda, All New Honda Civic, tercatat sudah menembus angka penjualan di atas 100 unit sejak diluncurkan pada hari pertama gelaran…