Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Kasus Ford Bukan Cermin Potensi Pasar Otomotif Indonesia

Rabu, Januari 27th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Sulit bersaing dan menjaga keuntungan perusahaan yg berkesinambungan menjadi alasan mengapa Ford menetapkan mengakhiri “karirnya” di Indonesia. Tapi, bicara potensi otomotif nasional, para kalangan pelaku masih menganggap Indonesia pasar yg besar.

“Kita jangan bicara setahun atau beberapa tahun, dalam lima tahun mendatang Indonesia mulai jadi besar. Potensi Indonesia masih terlalu besar,” kata Johnny Darmawan, Ketua III Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) kepada KompasOtomotif, Selasa (26/1/2016).

Soal mundurnya Ford, Johnny mengaku telah melakukan kontak dengan Bagus Susanto, Managing Director PT Ford Motor Indonesia (FMI). “Saya kenal baik dengan Bagus, katanya ini memang telah keputusan dari prinsipal (Ford di Amerika Serikat). Mau coba bisnis apapun tak mulai feasible di Indonesia, katanya,” ucap Johnny.

Johnny melanjutkan, keputusan Ford tutup sama sekali tak mencerminkan potensi pasar otomotif Indonesia di masa depan. Rasio kepemilikan mobil dengan jumlah penduduk di Indonesia masih jauh. Selain itu, semakin tingginya daya beli masyarakat membuat permintaan mulai mobil baru tetap tinggi.

“Buktinya, merek yg besar-besar telah investasi di sini. Kalau potensinya tak besar, tak mulai seperti demikian,” ucap Johnny.

Bicara soal keputusan Ford, kata Johnny, dirinya mengaku tak dapat menjelaskan duduk permasalahan, karena merasa bukan pihak yg tepat bagi dimintai konfirmasi. “Kalau soal Ford, silahkan konfirmasi langsung. Saya cuma minta supaya konsumen yg ada di sini tetap diperhatikan,” ucap Johnny yg ketika ini juga menjabat anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN).

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

  • Ford Indonesia Tutup

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Kasus Ford Bukan Cermin Potensi Pasar Otomotif Indonesia

Kamis 14 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta – Mobil pabrikan Audi ketika ini dilengkapi dengan standar emisi Euro6. Namun begitu masuk ke Indonesia, standar emisi tersebut diturunkan hingga Euro4. Bagaimana pengaruhnya…

Sabtu 14 November 2015 | Berita Otomotif

Varese -Bagi MV Agusta status motor paling menakjubkan yg disandang salah sesuatu motor besutannya, MV Agusta Brutale 800, tidak mulai membuatnya berpuas diri. Pabrikan ini berniat…

Jumat 5 Februari 2016 | Berita Otomotif

Dari segi eksterior, Duster tampil lebih bergaya dengan perubahan pada gril yg mengadopsi beberapa garis tipis dan logo Renault yg lebih menonjol. Lampu penting Duster…