Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Kapasitas Mengecil, Tetapi Mesin Baru Fortuner Lebih “Galak”

Senin, Februari 1st 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – PT Toyota Astra Motor (TAM) pertama kali launching teknologi Variable Nozzle Turbocharger (VNT) pada Fortuner lawas, akan Agustus 2012. Ciri khasnya adalah, hood scoop yang berfungsi sebagai intercooler yang posisinya membuat kap mesin agak menggelmbung sedikit.

Tetapi, di All New Fortuner khususnya pada mesin diesel tak lagi ada hood scoop. Ternyata, posisinya sudah dipindahkan dari atas ke bagian depan.

Menurut, General Manager Technical Service PT TAM, Dadi Hendriadi, meskipun dipindahkan tak mulai mempengaruhi performa mesin apalagi menjadi lebih lemot. Sebab, cuma posisinya saja yg dialihkan.

“Bukaan atau hood scoop di Fortuner VNT sebelumnya berfungsi buat mengalirkan udara ke intercooler yg letaknya di atas mesin, sedangkan di model yg baru intercooler diletakkan di depan bersamaan dengan radiator, jadi tak perlu lagi hood scoop,” ungkap Dadi ketika dihubungi KompasOtomotif belum lama ini.

Aditya Maulana, KompasOtomotif Peluncuran Toyota All New Fortuner di JCC, Senayan, Jumat (22/1/2016).

Keunggulan Mesin Baru
Bicara mesin diesel All New Fortuner, kata Dadi, benar-benar baru. Generasi sebelumnya kode mesinnya KD, sedangkan di model terbaru ini GD seperti yg digunakan di All New Innova.

Keunggulan mesin tersebut, lanjut Dadi, mengenai efisiensi pembakaran jauh lebih baik, sehingga tenaga yg didapat menjadi besar, tapi bahan bakar dibuat lebih irit. “Yang lebih besar adalah energi yg dihasilkan per satuan bahan bakar yg dibakar. Tenaganya lebih besar, tetapi bahan bakarnya tetap irit,” kata Dadi.

Dadi melanjutkan, bicara efisiensi bahan bakar, angka konsumsinya tergantung dari keadaan pengendaraan dan jalan. Berdasarkan pengujian internal, All New Fortuner diklaim lebih irit 17 persen ketimbang generasi sebelumnya.

“Terutama karena transmisi manual dan otomatisnya enam percepatan dan torsi mesin yg lebih tinggi,” ucap Dadi.

Fortuner generasi kedua ini menggendong mesin bensin 2.7-liter Dual VVT-i. Tenaga yg dihasilkan 163 ps, sedangkan diesel 2.4-liter VNT dengan 149,6 ps.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Kapasitas Mengecil, Tetapi Mesin Baru Fortuner Lebih “Galak”

Selasa 26 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Ford yaitu merek mobil yang berasal Amerika Serikat (AS) yg telah dikenal di semua dunia. Di pasar otomotif nasional, Ford juga bukan…

Sabtu 30 Januari 2016 | Berita Otomotif

Bireun, KompasOtomotif – Komunitas Trail Bireuen (Biroad), siap memacu adrenalin mereka dengan menjelajahi Pulau Weh, Kota Sabang, Aceh, awal Februari mendatang. Sebagai acara puncak, Biroad…

Kamis 21 April 2016 | Berita Otomotif

Guangzhou, KompasOtomotif – Prinsipal otomotif yang berasal Italia dan Amerika, Fiat Chrysler Automobiles (FCA) akan memproduksi Jeep Renegade di China. Ini dikerjakan lantaran China memiliki…