Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Kandungan Lokal Toyota Sienta Capai 80%

Sabtu, April 9th 2016.

Jakarta – Menepati janjinya dua waktu lalu, akhirnya Toyota-Astra Motor (TAM) resmi memperkenalkan Toyota Sienta di Indonesia, bertepatan dengan hari pertama gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016.

Untuk pasar Tanah Air, segmen mobil 7-penumpang anyar andalan Toyota ini mulai diproduksi di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Plant 3 di Karawang, Jawa Barat, dengan memakai 80% komponen lokal.

“Diperkenalkan pertama kali di Jepang, kini Toyota Sienta mulai diproduksi di Karawang dengan tingkat kandungan lokal yg tinggi. Yang lebih membanggakan, Indonesia menjadi negara pertama di luar Jepang yg memproduksi Toyota Sienta,” kata Henry Tanoto, Vice President Director TAM, di sela perkenalan Toyota Sienta di booth Toyota di arena IIMS 2016 di JIexpo Kemayoran, Jakarta.

Kandungan lokal pada Toyota Sienta itu di akan dari bodi, interior, hingga mesin. Sedangkan dua komponen elektrik seperti ECU, transmisi dan lainnya masih harus impor dari negara lain.

Sementara itu, Vice President Director TMMIN Warih Andang Tjahjono menyampaikan kendati memiliki komponen lokal yg tinggi, Sienta tak mulai diproduksi secara khusus.

No special plant bagi Sienta, kita multi vehicle production,” tutur Warih ketika ditemui di arena IIMS 2016.

“Jadi, karena kita multi vehicle production, jadi tak ada spesial plant buat sesuatu model. Kami coba mengakomodir model Sienta ini tentunya dengan unique equipment dan spesial equipment supaya fleksibilitas manufaktur kalian semakin lebih baik,” imbuhnya.

Warih pun belum dapat mengemukakan jumlah Sienta yg mulai diproduksi karena harus menunggu angka pesanan dari pihak TAM.

“Produksi akan Juli. Sekarang TAM sedang mengumpulkan data, mungkin sekitar akhir April kita dapat perkirakan produksinya seperti apa,” jelas Warih.

Sekilas tentang Toyota Sienta

Toyota Sienta yg baru saja diperkenalkan pada pameran otomotif IIMS 2016 memiliki dua perbedaan dengan Sienta yg populer di Jepang.

Toyota Sienta di Indonesia didesain sesuai dengan kebutuhan konsumen nasional dengan ground clereance setinggi 170mm serta memberikan pilihan transmisi manual yg tak tersedia di Jepang.

Mobil yg disebut oleh Toyota sebagai multi activity vehicle ini terbagi dalam empat tipe, di antaranya E, G, dan V yg memiliki beberapa pilihan transmisi manual dan CTV. Adapun tipe tertinggi, yakni Q cuma tersedia dengan transmisi CVT dengan 7-speed sport sequential shiftmatic.

Dimensi umum Toyota Sienta memiliki panjang 4.235mm, lebar 1.695mm, jarak roda 2.750mm, dan overhang depan 780mm dan 705mm buat belakang.

Mesin mobil mini van berpintu geser ini memakai 2NR-FE dengan 4-silinder segaris, 16 valve, DOHC, Dual VVT-i, berkapasitas 1.497cc, yg dapat mengeluarkan tenaga 107 Tk dan torsi 14,6 Nm.

Seluruh varian Toyota Sienta memakai rem ventilated disk di roda depan dan solid disk di belakang. Sementara demi kenyamanan berkendara, mobil ini mengandalkan suspensi McPherson Coil with Stabilizer di depan dan Torsion Beam Coil with Stabilizer buat belakang.

Di bagian kaki mobil terdapat perbedaan di mana Toyota Sienta tipe E memakai ban berukuran 185/60R15 dengan velg steel, tipe G 185/60R15 dengan velg alloy.

Adapun tipe V memakai ban yg lebih besar dengan ukuran 195/50R16 velg alloy machining dan ukuran 195/55R16 velg alloy machining buat tipe Q atau tertinggi.

Toyota memberikan tujuh pilihan warna buat Sienta antara yang lain Super White, Gray Metallic, Silver Metallic, Black Mica, Orange Metallic, Quartz Brown Metallic dan Dark Brown Mica Metallic.

Dengan berbagai fitur tersebut, Toyota menawarkan Sienta dengan harga akan dari Rp230 juta hingga Rp295 juta. Dengan catatan, harga ini masih tentatif dan biasa berubah sewaktu-waktu.

[ikh]

Sumber: http://teknologi.inilah.com

Mobil Terbaru

Related Article Kandungan Lokal Toyota Sienta Capai 80%

Jumat 5 Februari 2016 | Berita Otomotif

New Delhi, KompasOtomotif – Maruti Suzuki sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Suzuki di India menghadirkan Ertiga edisi terbatas. Peluncurannya memanfaatkan ajang Auto Expo 2016…

Rabu 27 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Tidak sedikit pengemudi kendaraan roda empat yg masih yang berasal saat berkendara di jalan. Perilaku buruk dalam berkendara tersebut, malah telah berlangsung…

Rabu 27 April 2016 | Berita Otomotif

Beijing – All New Honda Avancier dan All New Acura CDX tampil perdana di ajang pameran Beijing International Automotive Exhibition 2016 pada tanggal 25 April…