ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Kabin Honda BR-V Senyap, Ini Rahasianya

Rabu, Oktober 28th 2015.

Motegi, KompasOtomotif – Salah sesuatu impresi menarik ketika intim mengenali Honda BR-V adalah kesenyapan kabinnya. Ketika dites media se-Asia Oseania di area khusus seputaran Twin Ring Motegi, Jepang, Selasa (27/10/2015), SUV generasi baru 7-penumpang itu memberikan kesan nyaman digeber dan melaju di aspal berkat faktor kekedapan suara.

Apa rahasianya? KompasOtomotif teringat penjelasan Atsushi Arisaka, Chief Engineer Honda R&D Asia Pacific-Large Project Leader Honda BR-V, dalam presentasi sebelum dimulai tes. ”Ada setidaknya enam faktor yg membuat kabin Honda BR-V terasa nyaman, paling kedap di kelasnya,” kata Arisaka-san.

Faktor pertama adalah improvisasi pada struktur bodi yg mampu menyerap getaran dan suara lebih baik. Hal itu didukung dengan inovasi pada setir. Bagian ini juga didesain sedemikian rupa sehingga minim getaran. Arisaka menyebut, getaran-getaran yg sering kurang diperhatikan ini menyumbang cukup banyak noise pada kabin.

Selanjutnya, Honda juga memberi lapisan-lapisan khusus peredam (insulator) pada pintu-pintu, sama seperti yg diterapkan pada pintu belakang. Proses ini juga dikerjakan bagi kap mesin yg kerap menyumbang banyak suara masuk ke kabin berupa raungan.

Belum cukup, Honda tidak mengurangi insulator yang lain pada atap bagian bawah. Tak cuma menangkal suara, ketika Hujan pun lapisan ini mulai mengurangi bunyi gemercik air. Itu pun masih ditambah dengan lapisan karpet khusus peredam pada lantai.

”Kekedapan kabin menjadi perhatian khusus, karena salah sesuatu faktor kenyamanan mengendarai mobil adalah suasana tenang di dalam kabin,” kata Arisaka.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Kabin Honda BR-V Senyap, Ini Rahasianya

Kamis 10 Desember 2015 | Berita Otomotif

Seoul, KompasOtomotif – Setelah gosip diikuti teaser, Hyundai akhirnya secara resmi mengenalkan model pertama yg masuk di deretan versi mewah dengan ”bendera” Genesis. EQ900 atau…

Kamis 31 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Mercedes-Benz New V-Class yg baru saja diluncurkan di Indonesia tak dapat memakai sembarangan bahan bakar. Mesin diesel 4-silinder turbo diesel 2.143cc yg…

Jumat 4 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Selain menyediakan paket komponen dan aksesori bagi sepeda motor kustom bergaya Chopper, Budung Kustompart juga menjualnya secara eceran. Salah satunya, “kaki-kaki” yg…