Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Jutaan BMW, Daimler Dan VW Juga Kena “Recall”

Sabtu, Februari 13th 2016.

California, KompasOtomotif – Awan hitam masih menggelantungi produsen airbag asal Jepang, Takata Corporation. Setelah dua merek otomotif yang berasal negeri Matahari Terbit, kini giliran trio Jerman, yakni BMW, Daimler, dan Volkswagen (VW) yg terkena imbas petaka airbag Takata.

Ketiga merek ini, seperti dilansir Reuters, Kamis (11/2/2016), harus menggulirkan kampanye perbaikan massal (recall) tak kurang dari 2,5 juta unit mobil yg dipasarkan ke Amerika Serikat (AS).  Masalahnya sama, yakni inflator kantung udara yg mengalami cacat produksi.

Model BMW yg bermasalah akibat inflator kantung udara Takata di AS jumlahnya mencapai 840.000 unit, Daimler 840.000 unit, dan VW 850.000 unit. Semuanya, adalah model yg baru dikeluarkan, tahun produksi 2015.

BMW misalnya, model-model yg diduga bermasalah adalah hasil produksi 2015. Menariknya, recall ini tidak mengurangi daftar jumlah antrean mobil yg sedang diperbaiki BMW sejak 2009 lalu.

Di AS sendiri, ada sekitar 24 juta mobil yg harus ditarik karena mengalami persoalan pada inflator kantung udara Takata. Tetapi, tahun dulu menurut Lembaga Nasional Keselamatan Jalan Raya (NHTSA) AS, mobil yg mengalami persoalan kantung udara mencapai hampir 34 juta unit di AS.

Kasus ini mulai menjadi recall di dunia otomotif terbesar yg pernah ada di AS dan dunia. Bahkan segera menduduki peringkat teratas penarikan produk yg berada di tangan konsumen AS.

Sebagian besar inflator airbag yg cacat diyakini sensitif terhadap kelembaban. Ini dapat menyebabkan propelan meledak dengan kekuatan terlalu besar dan membuat pecah tabung inflator. Data tahun lalu, tercatat ada dua perkara kematian dan lebih dari 100 orang cidera karena terkena serpihan tabung inflator.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Jutaan BMW, Daimler Dan VW Juga Kena “Recall”

Rabu 13 Januari 2016 | Berita Otomotif

Detroit, KompasOtomotif – Generasi baru Jeep Wrangler dikonfirmasi bakal tiba pada 2017, tetapi kejutannya bukan cuma itu. Mike Manley, Head of Jeep Brand, mengatakan, seperti…

Minggu 1 November 2015 | Berita Otomotif

Meskipun tren pasar dunia ketika ini mengarah pada penjualan mobil SUV, Mazda ternyata justru tak memiliki rencana bagi mengalihkan perhatian ke arah sana. Sebaliknya, Mazda…

Jumat 19 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta – PT Grandauto Dinamika (GAD) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Jaguar Land Rover di Indonesia resmi memboyong SUV tercepat yg pernah diproduksi Land Rover,…