ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Jurus Jitu “Biker” Melewati Lubang Di Jalan

Senin, Maret 28th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Lubang di jalan atau polisi tidur yg dibuat sembarangan dapat jadi sumber malapetaka di jalanan bagi pengendara sepeda motor. Keduanya milik efek kejut sebab lokasinya kadang kali tanpa peringatan. Nah, untuk biker ada cara untuk mengantisipasinya biar tak celaka.

Kadang kala biker tak milik cukup waktu dan ruang bagi menghindari lubang yg terlihat dadakan. Salah sesuatu caranya tetap menginjak lubang tetapi dengan mengangkat bokong. Cara ini efektif mengurangi dampak benturan untuk tubuh dan sepeda motor, termasuk menjaga keseimbangan agar tak terjatuh.

“Angkat pantat boleh-boleh saja. Ini berguna bagi meminimalkan transfer benturan ke tulang belakang, jadi teredam lebih dahulu dengan engsel kaki pengendara,” kata Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan, Minggu (6/3/2016).

Febri Ardani/KompasOtomotif Contoh alat pembatas kecepatan alias polisi tidur yg dibuat tak sesuai regulasi.

Saat berkendara, beban tubuh ditopang bokong, saat bokong diangkat maka gantian kedua kaki yg jadi tumpuan. Dalam posisi itu kedua kaki biker yg berfungsi sebagai pegas. Syarat yang lain ketika hal itu dilakukan, pegangan tangan di setang harus menguat dan pandangan tetap ke depan.

Bisa jadi kami berpikir aktivitas itu terlalu banyak buat dilakukan cuma dalam sekejap ketika melewati lubang, namun metode ini sangat berguna menghindari kecelakaan.  Tentu syarat dasar agar mampu melakukannya biker wajib terus berkendara dengan posisi tubuh benar. Artinya posisi tangan dan kaki berada di tempat seharusnya.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Jurus Jitu “Biker” Melewati Lubang Di Jalan

Senin 9 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta – Sebagai mobil keluarga Low MPV, Suzuki Ertiga memiliki strategi khusus agar mampu diterima dengan baik oleh masyarakat. Salah satunya lewat harga yg bersaing dengan…

Selasa 1 Desember 2015 | Berita Otomotif

Tangerang, KompasOtomotif – Pada umumnya suku cadang purna jual mobil cuma diproduksi setidaknya 10 tahun sejak model terkait berhenti dicetak massal. Masalah ini yg kemudian…

Senin 9 November 2015 | Berita Otomotif

Tokyo, KompasOtomotif – Unsur kemewahan tidak cuma dihadirkan Toyota pada tampilan luar Kijang Innova generasi kedua. Hasil penelusuran awak redaksi dari dekat ketika berkunjung ke…