ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Jokowi Menyiapkan Boyolali Jadi Basis Produksi Esemka

Senin, Maret 21st 2016.

Boyolali, KompasOtomotif – Pabrik perakitan mobil bermerek nasional, Esemka ketika ini sedang dalam tahap pembangunan. Pabrik yg memiliki luas lahan mendekati 13 hektar ini berdiri di Boyolali, bukan Solo yg menjadi kota pertama mobil tersebut lahir.

Bupati Boyolali Seno Samodro, menyampaikan bahwa pembangunan pabrik Esemka di kotanya karena atas arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Rencana ini, kata Seno, telah dibicarakan telah dari jauh hari.

“Rencana pembangunannya telah lama, sejak ia (Jokowi) belum dilantik jadi Presiden. Jadi waktu itu kalian sempat ketemu, dan ia berharap buat pembangunan pabrik Esemka nanti ada di kota Boyolali. Dia minta carikan lahan sekitar 20 hektar waktu itu,” ujar Seno kepada KompasOtomotif di Boyolali, Minggu (13/3/2016).

Hal ini pun disambut baik oleh Seno yg akhirnya mendapat lahan di Desa Demangan, Kecamatan Sambi Boyolali pada 2014. Setelah proses pembicaran dengan para pengurus desa baik RT dan RW ia pun mendapat izin bagi memakai lahan tanah kering dengan luas hampir 13 hektar.

“Untuk lahan aku yg carikan, ketika proses penandatangan MOU tahun 2015 dahulu dikerjakan oleh pak Hendro sendiri dan perwakilan dari pak Jokowi di Boyolali,” ucap Seno.

Salah sesuatu alasan yang lain kenapa di pilih kota Boyolali bagi di jadikan pabrik adalah karena kota ini memiliki perkembangan yg pesat di sektor industri. Dengan hadrinya pabrik Esemka, ia berharap menjadi awal bagi perkembangan industri otomotif di kota ini ke depannya.

Laporan Langsung Wartawan KompasOtomotif Stanley Ravel

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

  • Geliat Mobil Merek Nasional Esemka

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Jokowi Menyiapkan Boyolali Jadi Basis Produksi Esemka

Selasa 12 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Perkara gugatan konsumen kepada PT Ford Motor Indonesia (FMI) diakhiri dengan perjanjian perdamaian. Keputusan damai sebagai akhir mediasi itu sudah ditandatangani Bagus…

Minggu 6 Desember 2015 | Berita Otomotif

London -Pabrikan mobil super yang berasal Inggris, McLaren, tengah menyiapkan McLaren 675LT Spider versi atap buka tutup. Varian yg diklaim sebagai mobil atap buka tutup tercepat…

Kamis 21 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Yamaha Indonesia menaikkan target penjualan tahun ini meskipun pasar sepeda motor nasional diprediksi tidak beda jauh dengan 2015 yg tengah lesu. Diharapkan,…