Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Jok Baris Ketiga Toyota Sienta Untuk Anak Kecil!

Senin, April 11th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Sienta yaitu kendaraan multi guna (Multi Purpose Vehicle/MPV) 7-penumpang terbaru yg dijual PT Toyota Astra Motor (TAM), di perkenalkan pada IIMS 2016. Secara spesifikasi, Sienta versi Indonesia dengan Jepang memang dibuat berbeda.

Pertama dari segi pilihan transmisi, di Tanah Air tersedia beberapa tipe, yakni manual 6-percepatan dan continuously variable transmission (CVT) 7-percepatan, sedangkan di negara asalnya cuma CVT saja.

Perbedaan itu otomatis juga menjadikan letak tuas transmisi di kabin berbeda. Versi Jepang diletakan di dasbor, sedangkan di Indonesia di bawah atau lebih tepatnya di antara jok pengemudi dan penumpang depan, jadi membuat bagian depan menjadi sempit.

Febri Ardani/KompasOtomotif Interior Sienta versi Indonesia tipe CVT. Letak tuas transmisi di bawah, beda dengan Sienta versi Jepang yg ditempatkan pada dasbor.

Tidak berhenti sampai disitu, ruang sempit yang lain juga ditemukan KompasOtomotif pada jok baris ketiga. Setelah coba duduk, bagi ukuran tinggi badan 178 cm, jarak lutut ke depannya (legroom) mentok dengan belakang jok baris kedua.

Duduk semakin tak nyaman, karena kaki harus mengangkat atau tak mampu menempel ke bawah, sebab lantainya dibuat sedikit mengembung. Saat mencobanya, segala diatur standar, artinya posisi jok tengah diatur sesuai dengan aslinya.

Febri Ardani/KompasOtomotif Ruang kaki di jok ketiga Toyota Sienta bukan bagi penumpang dewasa. Kaki sulit menapak bila jok baris kedua dimundurkan hingga mentok.

Namun, seandainya jok di depannya sedikit dimajukan, posisi lutut tak mentok. Tetapi, penumpang tengah yg mulai merasa sempit karena posisinya tak sesuai dengan standar.

Headroom Juga Sempit

Bukan cuma legroom, urusan headroom juga kurang baik, apalagi saat duduk paling kanan. Kepala mentok dengan atap kabin, bahkan seandainya terlalu pojok posisi kepala menjadi miring.

Febri Ardani/KompasOtomotif Buat penumpang setinggi 178 cm, duduk di baris ketiga rasanya sempit, apalagi bila duduk di jok sebelah kanan. Ruang kepala terpangkas karena posisi sabuk pengaman buat penumpang tengah di jok baris kedua ada di plafon.

Kenapa dapat begitu, karena desain atap kabinnya didesain tak rata dan yg menonjol itu dibuat buat menyimpan sabuk pengaman, bahkan saat ditanyakan ke tenaga penjual di booth Toyota IIMS 2016, itu yaitu tempat isofix atau buat memasang car seat balita.

Tetapi, seandainya duduk disebelah kiri posisi kepala normal, namun ruangnya tak terlalu luas atau kurang lebih cuma tiga jari orang dewasa.

Kesimpulannya adalah, jok baris ketiga Toyota Sienta ini cuma cocok buat anak kecil atau penumpang yg milik tinggi badan di bawah 150 cm. Lebih dari itu, Anda tak mulai merasakan kenyamanan, apalagi seandainya pergi dengan perjalanan lebih dari 30 menit.

Secara keseluruhan, Sienta yg dibuat berdasarkan permintaan masyarakat Indonesia ini memiliki dimensi panjang 4.235mm, lebar 1.695mm, tinggi 1.695mm, dan jarak sumbu roda (wheekbase) 2.750mm.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

  • Pameran Otomotif Nasional 2016

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Jok Baris Ketiga Toyota Sienta Untuk Anak Kecil!

Rabu 16 Desember 2015 | Berita Otomotif

Stuttgart, KompasOtomotif – Rapor Mercedes-Benz GLC setelah diuji tabrak oleh Euro NCAP (New Car Assessment Programme) mendapatkan nilai terbaik. Dalam informasi resminya, Selasa (15/12/2015) Sport…

Senin 14 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Di masa mendatang, industri otomotif Indonesia dipercaya dapat tetap tumbuh. Tapi, masih banyak pekerjaan yg harus dikerjakan buat dapat memajukan industri otomotif…

Kamis 11 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Prediksi masih sulitnya perkembangan pasar pada 2016 yg disampaikan sejumlah pelaku industri otomotif nasional akhirnya terwujud. Awal tahun ini, penjualan mobil baru…