Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

JIka Euro IV Berlaku, Apa Premium Akan Punah?

Sabtu, Maret 12th 2016.


Jakarta, KompasOtomotif –
Penyediaan bahan bakar minyak (BBM) dengan kualitas tinggi, jadi faktor penting, terkait dengan mulai berlakunya standar emsi Euro IV buat mobil. Rencananya, aturan ini mulai ditandatangani Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada tahun ini, dan dapat diimplementaskan pada 2018.

Namun, apakah nantinya dengan penetapan itu membuat BBM macam Premium mulai punah? Pasalnya kebutuhan kendaraan Euro IV, kualitas research octane number-nya (RON) di angka 92 ke atas, sementara Premium masih RON 88.

Menanggapi hal tersebut, Wianda Pusponegoro, Vice President Corporate Communication Pertamina, mengatakan, pihaknya masih belum dapat memprediksi hal tersebut. Pastinya Pertamina mulai tetap menyediakan BBM yg mulai jadi pilihan masyarakat.

“Komitmen kita merupakan bagi sediakan rangkaian pilihan BBM buat masyarakat, sebagai bentuk dari pemenuhan hak konsumen. Mengenai BBM yg mulai dikonsumsi, sepenuhnya berada di tangan konsumen, buat memilih sesuai preferensi masing-masing, juga kebutuhan spesifikasi kendaraan, di mana masyarakat telah lebih paham dan mengerti kebutuhannya,” jelas Wianda kepada KompasOtomotif, Sabtu (12/3/2016).

Semenjak produk BBM Pertalite (RON 90) muncul saja, per tahun 2015 konsumsinya telah menggerus 13 persen konsumsi Premium nasional. Ini tentunya karena masyarakat paham mulai kebutuhan bahan bakar yg baik buat kendarannya. Bisa saja lambat laun ini mulai semakin membuat Premium tersingkir.

“Terkait dengan prediksi, berapa persen peralihan dari Premium ke bahan bakar yang lain dengan RON tinggi, ketika berlaukan Euro IV, belum kita kalkulasi secara komprehensif. Saat ini, kita masih memastikan dulu terjadi koordinasi yg baik antara KLHK dengan Kementerian ESDM sebagai regulator migas bersama Pertamina, bagi tata waktu implementasi Euro IV yg terarah, dan bisa berjalan efektif,” ujar Wianda.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article JIka Euro IV Berlaku, Apa Premium Akan Punah?

Senin 4 April 2016 | Berita Otomotif

Medan -Setelah melewati proses pemilihan yg cukup alot di musyawarah daerah (Musda) Ke 2 Ertiga Club Indonesia (ERCI) Sumatera Utara, akhirnya Salman Dede terpilih sebagai Ketua…

Sabtu 14 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Innova yaitu kendaraan multi guna (multi purpose vehicle/MPV) yg diproduksi di Indonesia sejak akhir 2003 sebagai pengganti dari Kijang. Pertama kali dipasarkan…

Minggu 20 Desember 2015 | Berita Otomotif

Tangerang -Penjualan mobil tahun ini menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya akibat lesunya perekonomian. Melihat keadaan ini, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) memperkirakan kenaikan penjualan tahun depan tak…