Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Jeep Cherokee XJ 1997 Bisa Hidup Di Dua Alam

Kamis, April 21st 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Dunia off-road untuk para pecintanya menjadi sebuah ajang hiburan tersendiri. Makin menantang medannya, makin asik buat dilalui, karena itu tak heran bila mobil yg digunakan juga telah dimodifikasi sedemikian rupa buat mengimbangi hobi tersebut.

Ida Bagus Raditya Kusuma menjadi salah atu pecandu off-road. Untuk mampu memenuhi hobinya, ia rela merombak Jeep Cherokee XJ 1997 Limited kesayangannya, dibuat menjadi kendaraan tempur buat menghadapi medan menantang.

Stanly/KompasOtomotif Modifikasi Jeep Cherokee XJ

Uniknya, perubahan yg dikerjakan Didit sapaan akrabnya tak sampai menghilangkan tampilan orisinal dari SUV keluaran Amerika tersebut. Secara tampilan, Cherokee berbodi kotak tersebut masih standar, lengkap dengan segala atribut bawaan pabrik.

“Saya mampu mobil ini sekitar lima tahun dulu di depan rumah teman. Kondisinya tak terurus dan teronggok seperti tak pernah dipakai, setelah dua waktu mampu kabar ternyata mau dijual, segera aku tawar tanpa nunggu lama. Konsepnya ke arah mobil off-road 1990 an yg long lasting,” ucapnya yg enggan menyebutkan harga beli mobil tersebut kepada KompasOtomotif dua waktu lalu.

Stanly/KompasOtomotif Modifikasi Jeep Cherokee

Mengakali agar tampilan tetap standar, maka aksesori dan part aftermakerket banyak digunakan. Baik bagi mendongkrak sisi tampilan sampai urusan performa dikaki-kaki dan mesin.

Kaki-kaki
Hal yg paling menarik adalah dan diklaim Didit sebagai salah sesuatu yg unik ada pada sektor kaki-kakinya. Guna membuat pijakan yg kekar serta tidak mengurangi tinggi area ground clearance dari mobil maka ia membenamkan Skyjacker lift kit yg terdiri dari bracket drop arm, lower arm, upper arm, coil spring, quick disconnect link stabilizer, trackbar, dan long tieroad.

Stanly/KompasOtomotif Modifikasi Jeep Cherokee

Ground clearace tambah sekitar 6 inci, selain itu juga dapat aplikasi ban ukuran 35 tanpa ada kendala mentok dan lainnya. Untuk barang aftermarket karena supaya tak repot harus kustom-kustom,” ucapnya.

Penggunaan Skyjacker yg telah dilengkapi dengan adjuster link arm juga membuat handling mobil lebih ampuh di permukaan yg tak rata. Selian itu, hal ini juga membuatnya makin pede melahap seluruh medan.

Stanly/KompasOtomotif Modifikasi Jeep Cherokee

Masuk ke interio, tampilan standar juga masih mendominasi. Mulai dari sektor dasbor, panel instrument, bahkan sampai kulit lapisan jok. Agar lebih modern, perangkat audio keluaran Pioneer juga dibenamkan lengkap bersama instalasi penunjang di bagasi belakang.

Mesin
Untuk sektor mesin, Radit melakukan perubahan dengan menurunkan kapasitas mesinya. Kapasitas Power Tech dari 4.500 cc diturunkan mejadi 4.000 cc, ditambah dengan perubahan rasio final gear memakai Nitto agar akselerasi dan tenaga lebih imbang.

Stanly/KompasOtomotif Modifikasi Jeep Cherokee

Sedangkan guna menunjang tenaga mesin agar lebih terukur, piggyback Unichip Type Q dan Dastek ikut diaplikasi. Selain itu sistem pernapasan juga telah diperkuat dengan perangkat dari K&N.

“Saya modifikasi bukan cuma buat tampilan saja, tetapi mobil juga tidak jarang dipakai main lumpur di dua lokasi. Mobil ini juga tak jarang aku pakai buat harian ke kantor, kalau persoalan bahan bakar tak usah ditanyakan lah,” ucapnya.

Stanly/KompasOtomotif Modifikasi Jeep Cherokee XJ

Data spesifikasi :

Engine:
– Power tech 242 engine. 4000cc
– Big Intake air flow (Country)
– Intake Air Filter (Country)
– D-power Intake Adaptor
– D.U.I Performance Ignition &
  FireWire spark plug wires
– Dastek Piggyback Unichip type Q
– K&N Air Filter
– K&N Breather Filter
– Long Ranger Tank Extention
  (Dual Tank)
– Borla Exhaust
  (Header, cat back & tail pipe)

Exterior:
– ARB Front Bumper
– Kaymar Rear Bumper
– Bushwacker Flat Fender
– Winch Warn 9.5Xp
– Antenna GME Electrophone
  (Dual Band)
– Spotlight: ?-Warn SDB 160 (bumper)
– Warn H.I.D Lights
– Warn W610 Single Light (rear)
– Active Snorkel : Safari Snorkels
– Rock slider by Custom

Suspension & Wheels:
– Walker Evans with Reservoir suspension
– Lift Kit (bracket drop arm, lower arm, upper arm, coil spring, quick disconnect link stabilizer, trackbar, & long tierod) by Skyjacker.
– Limiter Strap by Mastercraft
– Shock Steering by Profender
– Tie Rod & Long Tie Rod by Skyjacker
– Wheels Onroad:
   Centerline Hellcat +
   35×10.5R15 Maxxis Bighorn (5 Pcs)
– Front ARB Airlocker
– Nitto Final Gear (ratio 1;488)

Interior & Sound System:
– Head Unit by Pioneer
– Front & Rear Speaker by ADS Italy
– Power by Orion
– Yaesu Radio Receiver
 

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Jeep Cherokee XJ 1997 Bisa Hidup Di Dua Alam

Minggu 29 November 2015 | Berita Otomotif

Oyama -Merasakan membalap di sirkuit dan mendengarkan deru mesin dengan rpm tinggi mungkin telah biasa dikerjakan oleh para orang-orang tertentu, namun ikut menyaksikan balapan dari dalam…

Sabtu 23 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Dengan menghadirkan All New Fortuner, Toyota Astra Motor (TAM) sangat percaya segmen SUV dapat dikuasai. Namun, bagi tahap awal, TAM menargetkan penjualan Fortuner sebanyak 1.500…

Selasa 16 Februari 2016 | Berita Otomotif

Gothenburg, KompasOtomotif – Perangkat keselamatan mobil kantong udara alias airbag, awalnya diletakan di kemudi bagi melindungi pengemudi. Teknologi dan kebutuhan pun berkembang hingga posisinya beragam,…