ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Jangan Salah, Begini Cara Benar Cek Tekanan Ban

Jumat, Februari 12th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Mengecek tekanan ban sepeda motor tak sesimpel yg dibayangkan. Hanya dengan melihat alat ukur ketika mengisi angin ternyata belum cukup. Ada hal yang lain yg harus diperhatikan, terutama berhubungan dengan keselamatan berkendara.

Seperti dilansir Motorcycle, (8/2/2016), produsen ban terus merekomendasikan bahwa bagi mengecek tekanan, ban harus dalam kondisi ”dingin”, atau berada pada temperatur suhu normal.

Artinya, ketika ban telah digunakan dua jam, atau setelah parkir di tempat yg panas, ban mulai menyerap panas. Kondisi ini memicu naiknya temperatur, dan ketika diukur mulai terbaca relatif lebih tinggi.

Para pebalap profesional yg mengecek temperatur ban setelah berputar di trek dengan alat khusus. Kenaikan suhu digunakan sebagai barometer bagi mengestimasi temperatur dan melihat kemampuan cengkeraman ban yg maksimal.

Saat mengukur, usahakan alat ukur dalam posisi yg benar. Pastikan tak ada hambatan yg membuat alat ukur membaca tak akurat. Misalnya, posisi pompa atau selang angin yg terlipat, atau posisi memompa yg tidak tepat masuk pada pentil.

Usai atau sebelum memompa, usahakan terus melihat keadaan ban dengan memutarnya sekilas. Hal ini buat memastikan bahwa ban tak mendapat gangguan seperti benda tajam yg menancap, atau ada hal yang lain yg membahayakan seperti keadaan kerekatan.

Ada baiknya membeli pemompa sepeda elektronik atau alat ukur biasa, buat selalu memastikan tekanan ban tetap baik ketika di jalan.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Jangan Salah, Begini Cara Benar Cek Tekanan Ban

Senin 2 November 2015 | Berita Otomotif

Yokohama, KompasOtomotif – Suasana jalan tak terlalu padat, bahkan cenderung sepi namun tertib. Orang-orang berlalu lalang di trotoar dan kerap memberikan kesan sopan dengan senyum…

Rabu 27 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Pertumbuhan bisnis otomotif yg lambat, bukan cuma terjadi di Indonesia, tapi juga pada beberapa penguasa terbesar pasar ASEAN lainnya, seperti Thailand dan…

Kamis 25 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta – Kawasaki Motor Indonesia launching Kawasaki Z125 Pro. Motor mini sport yg dibanderol Rp 29.900.000 hingga Juni 2016.Sumber: http://oto.detik.com