Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Intip Produksi VW Beetle 70 Tahun Lalu

Rabu, Desember 30th 2015.

Wolfsburg -Siapa yg tak mengenal si kumbang Volkswagen Beetle? Di tahun ini VW Beetle telah genap berusia 70 tahun.

Dilansir Worldcarfans, Rabu (30/12/2015), tahun ini Volkswagen merayakan hari jadi Beetle ke-70 tahun yg sudah diproduksi di Wolfsburg, Jerman.

Kalau melihat kilas balik, Jerman benar-benar memulai industri otomotif mereka pasca perang dunia. Namun sebelumnya Hitler juga memproduksi mobil yg disebut ‘People car’, dan melalui perusahaan KdF-Wagen tercatat 630 mobil diproduksi setelah perang berakhir.

Namun setelah itu, sejak pabrik di Wolfsburg difokuskan buat memproduksi peralatan perang pada April 1945, dan beralih tangan ke Inggris di tahun yg sama, siapa yg menyangka pabrik ini malah menerima orderan buat melahirkan sebuah mobil.

Karena tepat sebulan kemudian Senior Resident Officer Major Ivan Hirst menerima perintah bagi dapat memproduksi Volkswagen Type 1S sebanyak 20.000 unit.

Akhirnya model pertama pun meluncur dari jalur perakitan setelah Natal tahun 1945. Dan Volkswagen menilai ini adalah usaha yg sangat menguntungkan.

Namun karena kekurangan material dan efek samping dari perang, Volkswagen cuma bisa membangun 55 kendaraan pada akhir 1945. Produksi juga terbatas sekitar 1.000 unit per bulan selama beberapa tahun ke depan.

Meskipun banyak permasalahan pada awalnya, Volkswagen credits the British (Brits-Red) mengubah pabrik itu ke dalam manufaktur sipil (mempekerjakan masyarakat sekitar-Red). Dilanjutkan dengan memfokuskan pada kualitas dan pengaturan jaringan dealer. Bahkan Brits juga berperan dalam mendirikan sebuah pasar ekspor.

Volkswagenwerk GmbH akhirnya dipindahkan kembali ke tangan Jerman pada bulan Oktober 1949. Dan kini Beetle menjadi model yg paling digemari di segala dunia dengan berhasil menjual lebih dari 21 juta unit.

(lth/rgr)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Intip Produksi VW Beetle 70 Tahun Lalu

Sabtu 5 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Setelah kemunculan perdananya di ajang Tokyo Motor Show, Oktober lalu, konsep sepeda motor super sport ringan (Light Weight Super Sports Concept) yg…

Kamis 25 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta – Kawasaki Motor Indonesia launching Kawasaki Z125 Pro. Motor mini sport yg dibanderol Rp 29.900.000 hingga Juni 2016.Sumber: http://oto.detik.com

Jumat 26 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi launching Toyota Rush versi berkapasitas tujuh kursi, yakni Toyota Rush TRD Sportivo 7 dan Rush Sportivo Ultimo. Meski dimensi…