Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Ini Tempat Wisata Belajar Keselamatan Berkendara Di Yogyakarta

Jumat, Januari 29th 2016.

Yogyakarta -Banyak orang akan menyadari pentingnya keselamatan berkendara di jalan umum. Astra Motor Safety Riding Center di Yogyakarta yg yaitu tempat belajar berkendara dengan aman dan benar pun banyak didatangi pengguna motor.

Tidak cuma masyarakat Yogyakarta saja namun warga dari luar kota seperti dari Jawa Tengah dan Jawa Timur banyak yg tiba bagi belajar. Mereka sebagian besar adalah wisatawan yamg berkunjung di Yogyakarta ketika musim liburan.

“Ini jadi pilihan baru untuk wisatawan terutama pelajar yg berkunjung di Yogyakarta,” ungkap Safety Riding Analyst Astra Motor Yogyakarta, Muhammad Ali Iqbal kepada wartawan di Safety Riding Center (SRC), Jalan Jenderal Sudirman, No 99 Yogyakarta, kemarin.

Menurut Iqbal selama liburan sekolah pada akhir tahun 2015 lalu, hampir setiap hari tempat ini dikunjungi wisatawan dari luar Yogyakarta. Lebih dari 10 kelompok wisatawan atau sekitar 1.500 orang yg datang.

“Kebanyakan adalah rombongan pelajar atau sekolah. Mereka tiba ke SRC buat belajar safety riding, selain berwisata,” kata Iqbal.

Menurut Iqbal semakin banyak pelajar yg tiba itu yaitu sebuah tren wisata edukasi yg positif. Dia mengharapkan semakin hari semakin meningkat. Selain itu, ada dua biro pariwisata dari daerah di luar Yogyakarta yg menawarkan pelatihan aman berkendara di tempat ini.

“Ini mampu jadi pilihan wisata edukatif,” katanya.
Bila ada rombongan yg tiba bagi belajar lanjut dia, mulai mendapatkan dua materi pelatihan terkait safety riding dalam mengendarai sepeda motor.

 Pelatihan singkat itu dimulai dari penjelasan di dalam kelas mengenai teori-teori dasar berkendara yg baik dan benar, sebelum menjajal simulator canggih Honda Riding Trainer (HRT).

Menurutnya simulator HRT ini mulai menagajarkan bagaimana cara berkendara yg baik di jalan raya dengan berbagai pilihan situasi dan tingkat kesulitan yg disetting sebagaimana kondisi yg sebenarnya.

 Selanjutnya, para peserta diberikan pelatihan dua teknik aman berkendara memakai sepeda motor Honda di fasilitas yg sudah disediakan.

“Pertama, peserta diajarkan dua hal dasar seperti bagaimana melakukan mounting-dismounting (naik dan turun kendaraan) yg aman dan benar, memeriksa kendaraan dan postur tubuh ketika berkendara,” katanya.

Setelah itu lanjut Iqbal, peserta mulai praktek segera tentang dua teknik berkendara secara safety seperti teknik pengereman (breaking), teknik keseimbangan (narrow plank) di atas papan keseimbangan, teknik melewati jalanan bergelombang dan slalom course atau teknik kombinasi melakukan akselerasi, deselerasi, serta handling kemudi dengan benar.

Dia menambahkan sepanjang tahun 2015, Tim Safety Riding Astra Motor Yogyakarta sudah memberikan pelatihan safety riding kepada 6.928 peserta dengan rincian sebanyak 2.018 peserta.

“Kami mulai selalu mengundang masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya yg ingin belajar mengenai Safety Riding baik pelajar, mahasiswa, komunitas, instansi pemerintah maupun swasta,” pungkas Iqbal.

(bgs/arf)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Ini Tempat Wisata Belajar Keselamatan Berkendara Di Yogyakarta

Senin 21 Maret 2016 | Berita Otomotif

Melbourne, KompasOtomotif – Pebalap Indonesia Rio Haryanto memulai kiprah ajang F1 musim 2016 di Sirkuit Albert Park, Australia, akan Jumat (18/3/2016) hingga Minggu (20/3/2016). Banyak…

Rabu 27 Januari 2016 | Berita Otomotif

Karawang, KompasOtomotif – Toyota Indonesia boleh berbangga dengan Innova, model yg menjadi tulang punggung ekspor selain domestik. PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) ditunjuk sebagai…

Rabu 6 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Surat pembaruan Kakorlantas Polri dari No.: ST/271/II/2015 menjadi No.:ST/2652/XII/2015 pada 18 Desember 2015, menyebutkan penggolongan Surat Izin Mengemudi (SIM) C terbaru paling…