Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Ini Skenario Indonesia Gelar MotoGP 2018 Versi Matteo Guerinoni

Minggu, Maret 13th 2016.


Jakarta, KompasOtomotif –
Berbagai skenario menarik Indonesia menggelar balapan sepeda motor paling prestis, MotoGP, sudah banyak diungkap namun sampai sekarang belum ada pernyataan resmi dari pemerintah. Nah keinginan bangsa itu ditanggapi oleh Matteo Guerinoni yg baru saja disodorkan kontrak kembali jadi komentator MotoGP di layar kaca.

“Nomor sesuatu yg harus dikerjakan harus bangun sirkuit. Kalau bicaranya banyak seperti sekarang tetapi tak ada keputusan kapan jadinya? Saya tak ragu soal uang karena Indonesia kan kaya sekali, malah salah sesuatu negara paling kaya,” ujar Matteo minggu dulu saat bertemu dengan KompasOtomotif di Jakarta, belum lama ini.

Pria kelahiran Italia 47 tahun yg dulu itu menyampaikan sirkuit seharusnya dibangun sepantasnya karena Indonesia besar bakal menggelar MotoGP dengan jumlah penonton terbanyak di dunia. Maka itu seluruh mesti dipikirkan matang dan jelas.

“Tapi, bila pemerintah sendiri yg mau investasi segitu banyak perlu dipikirkan juga apakah benar atau tak seperti itu karena mungkin Indonesia milik persoalan yang lain yg lebih utama daripada membuat sirkuit,” kata Matteo.

Jual Hak Siar

Menurutnya lagi, pihak penyelenggara di Tanah Air lebih baik berasal dari kalangan swasta, tetapi pemerintah yg meminta izin kepada Dorna Sport (penyelenggara MotoGP). Jadi, selama empat hari menggelar sesuatu seri, MotoGP Indonesia diresmikan oleh pemerintah tetapi sirkuitnya milik swasta.

“Siapa swasta yg dapat menghabiskan segitu banyak dana dan apa untungnya untuk dia menggelar MotoGP. Ada sebetulnya yg dapat lakukan itu, hanya mampu dari media yg bisa, misalnya TV karena bila dia lakukan itu, mampu hak siar kan dari Dorna. Duitnya memang ga mulai balik dari sirkuit tetapi dari acara-acara lain. Itu ide aku sendiri. Saya melihat mungkin itu jalan keluarnya,” ulas Matteo.

Mengingat keadaan sekarang, Indonesia belum cocok gelar MotoGP pada 2017, sebut Matteo, sebab hingga ketika ini belum bergerak lebih jauh. “Sekarang telah Maret 2016, ga mungkin, ya bicara saja tetapi ga akan ya ga bisa. Kalau aku bilang lebih optimistis, lebih benar kalau 2018,” katanya.

Februari dahulu Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora Gatot S Dewa Broto mengatakan, rencananya MotoGP Indonesia mulai diselenggarakan pada 2018. Lokasi paling memungkinkan di Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan. Meski begitu belum ada pernyataan resmi.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Ini Skenario Indonesia Gelar MotoGP 2018 Versi Matteo Guerinoni

Jumat 12 Februari 2016 | Berita Otomotif

Wisconsin -Belasan mobil di Wisconsin, Amerika Serikat terendam di Danau Geneva, Wisconsin. Awalnya, mobil-mobil itu diparkir di atas danau yg membeku. Namun, danau itu kemudian mencair.…

Jumat 20 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Uang menjadi kendala serius saat suatu negara menggelar ajang balap MotoGP. Selain sarana dan prasarana, suatu negara butuh uang dengan nilai mencapai…

Minggu 17 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif — Berjajar dengan sepeda motor merek Jepang, seperti Yamaha, Honda, dan Kawasaki, tak membuat Royal Enfield gentar. Merek yang berasal Inggris yg telah diakuisisi perusahaan…