ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Ini Rahasia Daihatsu Sukses Dengan Mobil Kecil

Sabtu, Oktober 31st 2015.

Yokohama, KompasOtomotif – Daihatsu Motor Co., Ltd (DMC) memetik kesuksesan di pasar otomotif Jepang dengan berkembangnya era kei car (mobil kecil). Itu mampu dilihat dari data penjualan tahun lalu, kei car mendominasi penjualan mobil di Jepang dan Daihatsu Tanto menjadi juaranya.

Pada 2014 lalu, penjualan mobil di Jepang mencapai angka 5,6 juta unit, dan dari 10 besar mobil terlaris, tujuh di antaranya adalah model kei car dari beragam merek. Sedangkan Tanto duduk di posisi pertama dengan penjualan 234.000 unit.

“Tanto sangat populer di sini, selain itu ada juga Mira dan Move yg juga cukup laris. Ini menjadi bukti bahwa model kei car kalian sangat diterima di Jepang. Itu adalah buah dari proses pengembangan panjang yg telah kita lakukan sejak lama,” jelas Jun Nagata, Chief Executive Designer DMC, kepada KompasOtomotif, di Yokohama, Kamis (28/10/2015).

Daihatsu milik prinsip bagi terus mempelajari karakter setiap area penjualan, termasuk di dalam Jepang sendiri. Ini dimaksudkan agar produk yg ditawarkan tak salah sasaran. “Kei car rancangan Daihatsu telah mewakili keinginan rata-rata konsumen Jepang. Mereka ingin mobil kecil yg ringkas, namun memiliki kapasitas ruang yg besar serta fitur yg terbaik. Dasar inilah yg menjadi prinsip penting Daihatsu dalam merancang mobil kecil,” ujar Nagata lagi.

Nagata melanjutkan, desain boxy juga menjadi rahasia kenapa kei car Daihatsu dapat ringkas di luar tetapi luas di dalam. “Dengan memakai bodi yg kelihatan kotak, kapasitas ruang bagasi di dalam jadi lebih luas. Memang secara desain jadi tak terlalu bagus atau sebaik desain dengan bodi aerodinamis. Tapi Daihatsu bisa membuat bodi boxy yg tetap apik secara desain,” jelas Nagata.

Kapasitas kabin juga menjadi salah sesuatu alasan kenapa kei car Daihatsu masih mempertahankan teknologi mesin konvensional, yg tak dipadukan dengan teknologi modern seperti hibrida. Nagata menjelaskan, bila kei car dipadankan dengan sistem hibrida maka mulai ada banyak ruang yg terpakai buat penyimpanan baterai.

Kei car hibrida bukan pilihan, karena mulai mengorbankan kapasitas ruang kabin. Kami lebih memilih buat mengembangkan kei car dengan tenaga listrik,” jelas pria Jepang yg fasih berbahasa Inggris ini.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Ini Rahasia Daihatsu Sukses Dengan Mobil Kecil

Minggu 7 Februari 2016 | Berita Otomotif

Wisconsin -Erik Buell Racing (EBR), perusahaan sepeda motor yang berasal Amerika Serikat pada April 2015 dahulu mengalami kebangkrutan dan menetapkan buat berhenti produksi motor. Namun kini,…

Senin 7 Maret 2016 | Berita Otomotif

Barcelona, KompasOtomotif – Juara dunia F1 tiga kali, Lewis Hamilton mengekspresikan perasaannya lewat akun Instagram pribadi tentang desain pelindung kepala yg digunakan Ferrari ketika tes…

Selasa 3 Mei 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Dugaan kuat dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) tentang pengaturan harga produk atau kartel oleh Astra Honda Motor (AHM) dan Yamaha Indonesia…