Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Ini Pentingnya Tes “Dyno” Sepeda Motor

Minggu, Maret 20th 2016.


Jakarta, KompasOtomotif –
Mengetahui spesifikasi performa sepeda motor (power, top speed, torsi), selain dari data pabrikan, ada juga yg melakukan pengetesan sendiri dengan dyno test (tes dyno). Namun cara kedua ini jarang dikerjakan pemilik kendaraan roda beberapa khususnya.

Hal tersebut lantaran mereka berpikir kalau dyno test cuma bagi kebutuhan balap saja. Padahal ada kegunaan lain, dengan membawa kendaraan bagi di tes dyno.

“Umumnya, dyno test digunakan bagi mengetahui tenaga sepeda motor, torsi dan kecepatan tertinggi yg dapat dicapai  (top speed). Kemudian dari situ fungsi dyno tes mampu mengembang,” ujar Bramantio, pemilik bengkel authorize dynojet tunner dan spesialis Sepeda Motor Sport, Sportisi Motorsport kepada KompasOtomotif, Sabtu (19/3/2016).

Pertama, kata Bramantio, tes dyno dikerjakan bagi melihat efek dari modifikasi performa yg dikerjakan pada tunggangan. “Seperti misalnya penggantian knalpot, porting polish atau modifikasi lainnya, kemudian ubahan tersebut dibuktikan dengan dyno test, apakah ada penambahan tenaga atau tidak,” ujar pria paruh baya yg akrab disapa Bram.

Kedua, melakukan penyetelan sepeda motor dengan landasan data yg pasti, bukan atas dasar menerka-nerka. “Dengan data pasti tersebut, penyetelan yg dikerjakan juga pasti dan tanpa keragu-raguan. Sehingga menghasilkan perfoma yg baik,” tutur Bram.

Ketiga, buat inreyen atau brake-in mesin baru sepeda motor. “Jadi bagi menyesuaikan mesin baru, agar dapat digunakan dengan performa yg maksimal. Tentu tanpa harus harus kebut-kebutan di jalan bagi mengetahui top speed,” ucap Bram.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Ini Pentingnya Tes “Dyno” Sepeda Motor

Rabu 2 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta -Kehadiran All New Kijang Innova menyita perhatian publik Indonesia. Untuk memesan generasi ke-6 Toyota Kijang itupun di diler resmi harus inden selama sebulan. detikOto menyambangi…

Minggu 21 Februari 2016 | Berita Otomotif

Ingolstadt – Siapa yg tak kenal dengan teknologi Quattro yg dilahirkan oleh Audi. Kini, Audi pun pastikan Quattro masuki babak baru, dan bakal berbeda.Sumber: http://oto.detik.com

Sabtu 26 Desember 2015 | Berita Otomotif

Manchester – Honda telah merilis motor dengan kemampuan yg setara dengan mesin-mesin di MotoGP. Motor itu dinamakan RC213V-S. Siapa pembeli pertama motor Rp 3 miliar itu?Sumber:…