ISUZU MOTOR INDONESIA

AUTHORIZED DEALER

Menu

Ini Jenis-jenis Pemodifikasi, Anda Yang Mana?

Minggu, April 10th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Di dalam dunia modifikasi ada kelas yg membedakan kualitas para pelakunya. Saat seminar “Modificators and Trimmer Goal” digelar di Indonesia International Motor Show (IIMS), Minggu (10/4/2016), salah sesuatu poinnya menjelaskan tentang perbedaan kualitas itu.

Ukuran paling baku buat standar produk modifikasi, adalah dari kualitas Original Equipment Manufacturer (OEM). Juga dikenal sebagai produk yg diakui agen tunggal pemegang merek (ATPM) sebagai pemasok sesuai standar produk industri.

Narasumber presentasi, President Premium Material Indonesia Oscar Widjaja, membagi macam pemodifikasi menjadi empat kuadran. Keempatnya bukan tumpang tindih, namun masing-masing milik karakter sendiri.

Pertama, kata Oscar, merupakan tempat pemodifikasi yg milik keahlian rendah dan menghasilkan produk dengan tingkat kerumitannya masih jauh di bawah OEM. Tempat ini biasanya diisi para pemula.

Kedua, merupakan level kerumitan tetap rendah namun telah menghasilkan produk standar OEM. “Jadi telah seperti OEM atau standar keluaran pabrik. Misalnya, model jok ya begitu saja, tetapi jahitannya bagus banget,” kata Oscar.

Tempat ketiga dihuni kebanyakan pemodifikasi di Indonesia. Tempat ini bernaung para pemodifikasi yg belajar secara “otodidak” dan mendapatkan skill tinggi, namun cara mengerjakannya belum tepat.

“Tempat itu orangnya suka mengeksplorasi, kebanyakan otodidak tetapi tak teredukasi dengan tepat, teorinya engga ada. Jadi kebanyakan terjebak di sini. Kompleksitas tinggi tetapi belum proper kerjainnya. Jago tetapi belum profesional,”  ujar Oscar yg mengaku sudah 12 tahun ada di kuadran ketiga.

Keempat yakni tempat tuner, artinya dInilai dari skill dan tingkat pengerjaannya telah sesuai dengan OEM. Pemodifikasi level ini telah dapat membuat produk OEM dan menjual produknya sendiri.

“Jadi inilah tujuannya seminar ini, aku mau mengajak mereka masuk ke kuadran keempat. Bangga mulai produk sendiri.  Trimmer itu ada di kuadran tiga, sedangkan tuner di empat,” papar Oscar.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Ini Jenis-jenis Pemodifikasi, Anda Yang Mana?

Sabtu 31 Oktober 2015 | Berita Otomotif

Jakarta -Isu lepasnya PT. Mabua Motor Indonesia sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Harley-Davidson menyeruak. Apalagi setelah diberitakan Mabua Motor mengalami penurunan penjualan pada tahun ini. Kabar…

Senin 21 Desember 2015 | Berita Otomotif

Tanggerang Selatan – Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) bersama diler utamanya di Tangerang Selatan, PT Abadi Jaya Mitra, menggelar program nasional bertajuk Tata Ace EX2…

Rabu 17 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Keseriusan Shell mengembangkan bisnis di Indonesia telah dibuktikan dengan peresmian pabrik pelumas dua waktu lalu. Berkaca dari hal tersebut menandakan bahwa Indonesia…