ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Ini Akibatnya Jika Mesin Diesel Malah Diisi Bensin!

Jumat, Maret 18th 2016.

Pernahkah Anda mengalami hal ini? Mengisi mesin diesel dengan memakai bahan bakar bensin. Ini secara logika memang telah salah.

Lantas apa akibatnya?

Pertama yg harus diketahui adalah karakter dari mesin diesel itu ‘high compression’. Bahkan kompresinya mampu sampai menyentuh perbandingan 30:1. Untuk itu, di dalam ruang bakar tak diperlukan bahan yg ‘high explosive’.

Kita segala mulai tahu bahwa kesalahan ini bahan bakar ketika di SPBU dari yg seharusnya diisi solar namun malah diisi bensin mulai berakibat fatal. Itu sama saja memasukkan bahan bakar yg gampang meledak ke dalam mesin yg berkompresi tinggi. Jika dibiarkan, mulai terjadi pembakaran prematur atau biasa disebut knocking.

Selain itu, dampak yg dapat segera dirasakan adalah suara mesin yg sangat kasar. Apalagi seandainya kesalahan isi bahan bakar ini dikerjakan pada kendaraan yg tengah dalam keadaan tangki kosong.

Tarikan mungkin jadi lebih mudah. Namun perlu diketahui bahwa di dalam mesin terjadi eksploitasi pembakaran layaknya manusia yg mengonsumsi doping ketika berolahraga. Tubuh memicu kinerja buat mendapatkan power yg maksimal. Jika dibiarkan tentu mulai bisa merugikan organ-organ di dalamnya.

Overhating alias panas berlebih mulai terjadi. Jika telah telat penanganan, terpaksa mobil harus turun mesin. Biaya buat perbaikan dan turun mesin ini ditaksir mampu menyentuh angka sekitar belasan juta.

Bagaimana cara mengatasinya?

Cara paling sederhana adalah dengan mengemudikan kendaraan secara perlahan dan jangan ngebut agar tidak terjadi overhating. Cari bengkel mobil terdekat dulu kuras tangki secara menyeluruh. Jika penanganan ini relatif cepat, biaya yg dikeluarkan pun juga tak sampai mahal. Kemungkinan biaya sekitar Rp 500 ribu paling mahal buat menguras tangki bensin.

Untuk itu, jangan sampai salah mengisi bahan bakar pada kendaraan ya, guys! Semoga bermanfaat.Baca juga:
Ternyata ini bagian mobil yg perawatannya kadang dilupakan
4 Hal yg bikin cat mobil cepat pudar
Awas, ini bahayanya nge-charge HP di dalam mobil!
Awas, ini efek berbahaya dari rem motor yg berbunyi!
Ini 4 komponen motor matic yg kadang ‘galau’
Sumber: http://www.merdeka.com

Mobil Terbaru

Related Article Ini Akibatnya Jika Mesin Diesel Malah Diisi Bensin!

Rabu 4 Mei 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Kebijakan mobil murah dan ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC) tetuang dalam Peraturan Menteri Perindustrian No.33/M-IND/PER/7/2013, tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda…

Sabtu 30 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – PT Kawasaki Motor Indonesia menyambut tahun 2016 dengan menyiapkan dua model terbaru. Bocoran awal, KMI mulai menghadirkan empat model terbaru di tahun…

Sabtu 9 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Dibandingkan dengan Suzuki New Ertiga, tipe termewah Ertiga, yakni Dreza mengalami banyak ubahan terutama di sektor ekterior. Perubahannya akan bentuk bemper depan,…